Korlantas Polri Mau Pasang ETLE di Balikpapan

Kompas.com - 12/01/2021, 08:02 WIB
Kamera pengawas atau closed circuit television (CCTV) terpasang di Jalan MH Thamrin, Jakarta, Kamis (23/1/2020). Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya akan menerapkan tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE) untuk pengendara sepeda motor di sepanjang Jalan Sudirman - MH Thamrin dan jalur koridor 6 Trans-Jakarta Ragunan-Dukuh Atas mulai awal Februari 2020. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/wsj.
  *** Local Caption *** 
ANTARA FOTO/ADITYA PRADANA PUTRAKamera pengawas atau closed circuit television (CCTV) terpasang di Jalan MH Thamrin, Jakarta, Kamis (23/1/2020). Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya akan menerapkan tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE) untuk pengendara sepeda motor di sepanjang Jalan Sudirman - MH Thamrin dan jalur koridor 6 Trans-Jakarta Ragunan-Dukuh Atas mulai awal Februari 2020. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/wsj. *** Local Caption ***

JAKARTA, KOMPAS.com - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri berencana untuk menerapkan sistem tilang elektronik alias Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) di sejumlah wilayah guna menekan pelanggaran lalu lintas.

Satu diantaranya ialah wilayah Kalimantan Timur, yakni Kota Balikpapan seiring dengan tingkat rawan di beberapa titik tertentu. Namun, belum bisa dipastikan waktu penerapannya.

"Kebetulan Polresta Balikpapan ini menjadi prioritas untuk wilayah Kalimantan Timur karena memang melihat dari kerawanan yang ada," ujar Kasubbag Anbangsistek Bag TIK Korlantas Polri, AKBP Dwi Santoso, Senin (11/1/2021).

Baca juga: Ini Syarat Bepergian Naik Mobil Pribadi Selama PSBB Jawa-Bali

Papan imbauan pemberlakuan penindakan tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE) terpasang di Jalan KH. Wahid Hasyim arah Tanah Abang pada Kamis (1/11/2018)KOMPAS.com/ RIMA WAHYUNINGRUM Papan imbauan pemberlakuan penindakan tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE) terpasang di Jalan KH. Wahid Hasyim arah Tanah Abang pada Kamis (1/11/2018)

Oleh karena itu, wilayah Polresta Balikpapan bakal menjadi percobaan sebelum ETLE berlaku di tiap wilayah Polres Kalimantan Timur.

Lebih lanjut, khusus wilayah Polresta Balikpapan ada 16 titik yang akan terpasang CCTV dimana sudah ditentukan oleh Satlantas Polresta Balikpapan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Jadi anggota Lalu Lintas Polresta Balikpapan ini terbantu untuk memonitoring pelanggar-pelanggar yang ada," tambahnya.

Kini, Korlantas Polri bersama sejumlah instansi terkait seperti Dinas Perhubungan, Dinas PU, Telkom, dan Satlantas Polresta Balikpapan tengah melakukan survey lapangan di salah satu titik.

Baca juga: Tekan Potensi Kecelakaan, Pahami Titik Buta pada Truk

Ilustrasi kamera tilang elektronikhttps://ntmcpolri.info/ Ilustrasi kamera tilang elektronik

"Sementara kita survey kemudian kita lakukan pembangunan di 2021 ini, insya allah sudah bisa dimulai," ujar Dwi.

Melalui langkah tersebut diharapkan pengguna jalan bisa lebih tertib dalam berlalu lintas dan angka kecelakaan serta kriminalitas dapat ditekan signifikan.

"Jangan sampai masyarakat hanya tertib dikala ada pak polisinya. Jadi ke depan ada atau tidak ada polisi, disitu ada mata-matanya polisi," kata dia.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X