Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sopir Bus Harus Bisa Membaca dan Memperkecil Risiko Kecelakaan

Kompas.com - 11/01/2021, 15:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comKecelakaan yang melibatkan bus di Indonesia cukup marak. Sebagai contoh belum lama ini pengemudi bus yang kehilangan kendali kendaraannya di Tol Pejagan yang akhirnya menabrak pembatas jalan.

Selain itu, sering juga kita lihat aksi bus yang kebut-kebutan di jalan tol, menyalip dari bahu jalan, sampai mengemudi tidak menjaga jarak dengan kendaraan di depannya. Contoh tadi sangat menggambarkan pengemudi yang masih tidak paham risiko bahaya menyetir bus.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan, mengemudikan mobil yang besar seperti bus, memiliki tanggung jawab yang besar juga.

Baca juga: Pilihan MPV Bekas Harga Rp 70 Jutaan, Ada Xenia, Avanza dan Innova

Kondisi bus pariwisata rombongan SMA Muhammadiyah 1 Gondangrejo dan truk yang terlibat tabrakan di Tol Madiun-Ngawi, Minggu (3/8/2020) dini hari. (Tribun Jatim/Istimewa) Kondisi bus pariwisata rombongan SMA Muhammadiyah 1 Gondangrejo dan truk yang terlibat tabrakan di Tol Madiun-Ngawi, Minggu (3/8/2020) dini hari. (Tribun Jatim/Istimewa)

“Seharusnya para pemilik SIM B2 wajib belajar bagaimana melihat risiko-risiko bahaya dan SOP dalam mengantisipasinya. Sehingga mampu menekan angka kecelakaan,” ucap Sony kepada Kompas.com, Minggu (10/1/2021).

Permasalahannya, pengemudi bus di Indonesia ini berbeda, mereka masih tidak paham risiko membawa bus. Sony mengatakan, ada beberapa hal soal kemampuan mengemudi yang perlu dikuasai saat menyetir bus.

“Misalnya operasional kendaraan saat kondisi normal maupun tidak normal, lalu kepribadian, defensive driving, dan pengetahuan tentang kendaraan. Ini merupakan beberapa materi standar yang wajib dipelajari oleh pengemudi mobil besar,” kata Sony.

Baca juga: Penyebab Dovi Cabut dari Ducati, Ribut dengan Orang Ini

Operasional kendaraan saat tidak normal itu maksudnya seperti ketika bus hilang kendali, selip maupun pecah ban, bagaimana pengemudi bisa mengoperasikan dengan tetap aman.

“Memang kondisi tidak normal ini pasti berujung kecelakaan, bisa tunggal atau melibatkan pihak lain. Tapi paling tidak pengemudi punya kemampuan meminimalisir risiko,” ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com