Keuangan Tak Baik dan Kru Paling Sedikit, tapi Suzuki Mampu Juara MotoGP

Kompas.com - 11/01/2021, 13:41 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Musim 2020 merupakan tahunnya Suzuki Ecstar. Tim pabrikan tersebut berhasil membawa Joan Mir menjadi Juara Dunia 2020.

Kini usai meraih prestasi gemilang, Davide Brivio, sang Manager Tim mengundurkan diri. Brivio akan pindah ke ajang Formula 1 mengurusi tim F1 Alpine.

Baca juga: Dovi Buka-bukaan Alasan Cerai dengan Ducati

Satu hal yang rupanya tidak banyak diketahui ialah Suzuki Ecstar meraih prestasi di tengah kondisi sulit. Brivio mengatakan dana yang turun untuk tim hanya sedikit.

Joan Mir meraih gelar juara dunia MotoGP 2020 saat balapan di MotoGP Valencia. (Photo by LLUIS GENE / AFP)LLUIS GENE Joan Mir meraih gelar juara dunia MotoGP 2020 saat balapan di MotoGP Valencia. (Photo by LLUIS GENE / AFP)

"Suzuki adalah perusahaan besar dan dalam kondisi baik, tetapi anggaran yang kami sisihkan untuk balap mungkin tidak sebesar produsen lain," katanya mengutip Motorsport-Total, Senin (11/1/2021).

Kondisi keuangan tersebut membuat tim harus bekerja semampunya. Jumlah kru Suzuki pun termasuk paling sedikit ketimbang tim lain.

"Tetapi memiliki sumber daya yang tidak terbatas atau sumber daya yang besar memaksa Anda untuk lebih kreatif dan mencoba untuk berpikir lebih banyak," katanya.

"Tentu saja terkadang kami ingin menambah jumlah karyawan. Namun di sisi lain, hal itu akan mengurangi perselisihan," kata Brivio.

Baca juga: Kilau Marc Marquez Bikin Sinar Pebalap Lain Redup di Lintasan

Alex RinsTwitter/@Rins42 Alex Rins

Tantangannya ialah dengan jumlah kru yang sedikit harus mencari orang yang benar-benar bagus. Orang yang mengerti akan tugasnya di lapangan.

"Jadi, Anda harus menemukan keseimbangan yang tepat antara cukup dan tidak terlalu banyak orang. Kami memiliki posisi yang baik dalam hal ini," katanya.

"Kami memiliki semua yang kami butuhkan. Pebalap yang baik biasanya menjadi tim yang bagus dan Anda bisa melihat kekuatan tim saat keadaan sulit," kata Brivio.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.