Bus Tergelincir di Jalan Tol, Penyebabnya Bisa Jadi karena Ban Selip

Kompas.com - 11/01/2021, 13:01 WIB
Potongan video bus kecelakaan INSTAGRAM/WARUNG_JURNALISPotongan video bus kecelakaan

JAKARTA, KOMPAS.com – Belum lama ini terjadi kecelakaan tunggal satu unit bus PO Sudiro Tungga Jaya di Jalan Tol Pejagan – Pemalang KM 292 arah Tegal Brebes, Sabtu (9/1/2021). Menurut kabar, tidak ada korban jiwa pada kecelakaan ini.

Kondisi jalan tol yang basah dikabarkan menjadi penyebab bus kehilangan kendali dan menabrak pembatas jalan. Selain itu, bodi bus juga melintang sehingga menghalangi jalan dan lalu lintas terhambat.

Lalu bagaimana sebuah bus yang berat dan besar ini kehilangan kendali saat sedang beroperasi?

Baca juga: Menu Mobil Bekas Rp 50 Jutaan, Ada CR-V, Stream sampai BMW

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Warung Jurnalis (@warung_jurnalis)

 

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan, penyebab terjadinya kecelakaan di jalan yang basah tadi bisa disebabkan karena ban selip, tidak mampu mencengkeram dengan baik terhadap jalan.

“Ban adalah satu-satunya tumpuan kendaraan ke jalan, hanya 10 persen dari telapak ban yang menyentuh aspal. Sehingga mudah sekali selip karena gaya mengemudi yang agresif,” ucap Sony kepada Kompas.com, Minggu (10/1/2021).

Kecelakaan yang melibatkan tujuh kendaraan terjadi di Jalan Tol Semarang-SoloKOMPAS.com/DIAN ADE PERMANA Kecelakaan yang melibatkan tujuh kendaraan terjadi di Jalan Tol Semarang-Solo

Sony mengatakan, sebaik-baiknya pengemudi, melakukan antisipasi saat ban bus mengalami selip bukanlah hal yang mudah. Karena kendaraan dirancang dengan segala keterbatasannya dan tidak pada kondisi selip atau out of control.

Baca juga: Mengenal Sejarah Toyota Kijang di Indonesia, dari Buaya Hingga Innova

“Kalaupun ada pengemudi yang pernah berhasil menangani ban bus yang selip, itu karena keberuntungan semata, lain kali belum tentu bisa selamat,” kata Sony.

Pengemudi bus seharusnya paham pentingnya menentukan batas kecepatan dan agresivitas saat mengemudi. Apalagi melihat kondisi jalan yang basah, sehingga sangat rawan terjadinya kecelakaan.

Perhatikan Kembangan Ban saat Melintas di Jalan Basah

Ilustrasi ban mobilDok. Shutterstock Ilustrasi ban mobil

Ban yang digunakan pada kendaraan umumnya memiliki telapak atau yang lebih dikenal dengan kembang ban.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X