Pandemi Jadi Waktu Orang Salurkan Hobi Modifikasi Mobil

Kompas.com - 07/01/2021, 19:21 WIB
Toyota 86 dengan Karma Body Kit dalam ajang Indonesia Modification Expo (IMX) 2019 Kompas.com/DioToyota 86 dengan Karma Body Kit dalam ajang Indonesia Modification Expo (IMX) 2019
|

JAKARTA, KOMPAS.comPandemi Covid-19 yang terjadi pada 2020 telah menghentikan dan menunda banyak aktivitas orang. Pelajar hingga pekerja kantoran terpaksa harus belajar dan bekerja dari rumah hampir pada sepanjang tahun lalu.

Tak hanya itu saja, praktis segala kegiatan juga dilakukan di rumah, termasuk hobi modifikasi mobil. Terutama saat diterapkannya pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Kiki Anugraha, Founder Karma Bodykit, mengatakan, tingginya minat modifikasi mobil selama pandemi tercermin dari penjualan komponen bodi yang dilakukan pihaknya.

Baca juga: Video Viral Aksi Bajing Loncat Incar Truk Digagalkan Anggota TNI

KARMA Bodykit CaymanIMX 2020 KARMA Bodykit Cayman

“Bisnis bodykit selama pandemi malah lebih banyak, permintaan di dalam dan luar negeri cukup baik,” ujar Kiki, kepada Kompas.com (6/1/2021).

Meskipun pameran atau ajang kumpul-kumpul para pecinta otomotif harus ditiadakan selama pandemi, namun hal tersebut tak menyurutkan minat modifikasi mobil.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bahkan ekspor komponen yang dilakukan Karma Bodykit telah mencapai 19 unit ke Amerika Serikat dan Kanada.

Baca juga: Korban Razia Knalpot di Ciater yang Alami Kerusakan Bisa Menuntut Balik

Komunitas Karma Bodykit muncul di Amerika Serikat dan Kanada.INSTAGRAM.com/@karmabodykit Komunitas Karma Bodykit muncul di Amerika Serikat dan Kanada.

“Mungkin orang release stress dengan bangun mobil. Terutama di luar negeri malah lebih banyak,” ucap Kiki.

“Karena biaya jasa di sana kan mahal, jadi lebih banyak yang memodifikasi sendiri mobilnya. Daripada di rumah enggak ngapa-ngapain,” ucap Kiki.

Menurut Kiki, tren modifikasi bodi mobil akan terus menggema pada 2021. Apalagi mayoritas sekolah dan perkantoran juga masih memberlakukan aktivitas dari rumah.

Baca juga: Kecelakaan Eks Trio Macan, Ingat Lagi Aturan Pakai Sabuk Pengaman

Karma Body Kit meluncurkan produk baru yaitu paket tambahan eksterior untuk Lamborghini Avantador di IMX 2019KOMPAS.com/Gilang Karma Body Kit meluncurkan produk baru yaitu paket tambahan eksterior untuk Lamborghini Avantador di IMX 2019

“Jadi saya launching 2018, dan 2020 terasa peningkatan hingga 40 persen dari 2019. Saya harap trennya bisa terus meningkat pada 2021,” katanya.

Seperti diketahui, saat ini Karma Bodykit menyediakan komponen bodi untuk 86, Aventador, hingga Porsche Cayman.

“Ke depannya kami juga akan produksi line-up baru, rencana meluncur di tahun ini untuk segmen supercar,” ujar Kiki.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.