Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alex Marquez Sebut Kakaknya Bisa Absen di MotoGP 2021

Kompas.com - 04/01/2021, 17:21 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pebalap andalan Repsol Honda Marc Marquez diprediksi akan absen dalam pramusim MotoGP 2021.

Hal tersebut disampaikan oleh adik kandungnya, Alex Marquez yang juga merupakan pebalap LCR Honda.

Alex mengatakan, kondisi Marc Marquez terus membaik setiap kali ia menjenguknya. Namun, dirinya tidak bisa memprediksi tingkat pemulihan sang kakak.

Baca juga: Lin Jarvis Berdalih Kekalahan Yamaha Bukan karena Motor

“Masa pemulihan paling cepat berjalan selama tiga bulan, tapi jika ada masalah maka akan membutuhkan waktu cukup lama sekitar enam bulan. Marquez harus melakukan latihan dengan sangat hati-hati dan mengikuti saran dokter,” ujar Alex dikutip dari Motorsport-Total, Senin (4/1/2021).

“Setiap kali saya melihat Marquez, dia memiliki energi besar. Hal terpenting adalah dia harus tetap dalam kondisi tenang,” lanjutnya.

Marc Marquez saat berlaga di GP Andalusia 2020HRC Marc Marquez saat berlaga di GP Andalusia 2020

Marc Marquez sebelumnya telah melakukan operasi penambahan cangkok tulang krista iliaka dengan flap bebas kortikoperiosteal. Operasi tersebut dilakukan karena tulang humerus Marquez yang patah sejak seri pembuka MotoGP di Jerez.

Menurut seorang dokter di IQtra Medicina Avanzada Dokter Angel Villamor, durasi pemulihan tergantung sepenuhnya pada pertumbuhan kalus. Jika segalanya berjalan lancar, The Baby Alien bisa saja pulih dalam kurun waktu dua bulan.

Baca juga: Pujian Dovizioso kepada Stoner sebagai Pebalap MotoGP

“Jika segalanya berjalan baik, sekiranya dua bulan tubuh Anda bisa membentuk kalus dan bergantung pada humerus untuk menunjang aktivitas fisik. Jika tubuhnya merespons dengan baik, di area itu harus tumbuh kalus yang bisa Anda percaya untuk membantu kembali lagi naik motor,” ujar Dokter Angel Villamor dikutip dari AS.

Sebagai informasi, kalus lunak terbentuk dari sel osteoblas. Sel tersebut kemudian membentuk tulang yang berlubang-lubang pada kolagen, sehingga terbentuk belat alami yang menghubungkan ujung-ujung kedua tulang yang patah.

Oleh sebab itu, pembentukan kalus itu sangat penting bagi proses penyembuhan Marc Marquez.

Tes pramusim MotoGP 2021 akan berlangsung di Sirkuit Internasional Sepang, Malaysia, pada 19-21 Februari 2021 mendatang. Sementara untuk musim MotoGP 2021 akan dimulai pada 28 Maret 2021 di Sirkuit Internasional Losail, Qatar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com