Lin Jarvis Berdalih Kekalahan Yamaha Bukan karena Motor

Kompas.com - 04/01/2021, 09:42 WIB
Fabio Quartararo saat berlaga di MotoGP Valencia. (Photo by LLUIS GENE / AFP) LLUIS GENEFabio Quartararo saat berlaga di MotoGP Valencia. (Photo by LLUIS GENE / AFP)

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Yamaha MotoGP Lin Jarvis mengatakan, kalau motor Yamaha YZR-M1 masih kencang. Terbukti motor bisa mendominasi setengah musim MotoGP 2020.

Pernyataan ini sekaligus menjadi dalih tuduhan sejumlah pihak yang mengatakan motor jadi penyebab utama Yamaha tidak juara pada MotoGP 2020.

Sepanjang 2020 Yamaha menang tujuh dari 14 seri. Meski enam kemenangan datang dari tim satelit Petronas Yamaha SRT. Tim pabrikan hanya sekali menang yakni Maverick Vinales di Misano 2.

Baca juga: Pursang E-Track, Motor Listrik Bergaya Flat Tracker Custom

Enam kemenangan Petronas Yamaha SRT datang dari Fabio Quartararo sebanyak tiga kali, dan Franco Morbidelli juga tiga kali yang mengendarai motor spek lama.

"Motor kami kuat tahun ini. Anda bisa menang bersamanya dalam banyak situasi berbeda. Agak tidak biasa karena tim Petronas memenangkan enam balapan dan tim pekerja (utama) hanya memenangkan satu," kata Jarvis mengutip Motorsport-Total.com, Minggu (3/1/2021).

Kekalahan Yamaha kata Jarvis ialah bukan soal motor, tapi tidak bisa merebut gelar juara dunia 2020.

Baca juga: Sejarah Maserati yang Pernah Produksi Sepeda Motor

Maverick Vinales saat berlaga di MotoGP Valencia. (Photo by LLUIS GENE / AFP)LLUIS GENE Maverick Vinales saat berlaga di MotoGP Valencia. (Photo by LLUIS GENE / AFP)

Quartararo yang tampil mendominasi di seri pembuka baik di Jerez 1 dan Jerez 2 langsung menjadi favorit juara dunia 2020. Tapi setelah itu penampilannya tidak konsisten alias naik turun.

"Kami tidak mencapai tujuan kami untuk memenangkan kejuaraan. Selamat kepada Suzuki. Mereka sangat konsisten dan menunjukkan musim yang bagus. Joan Mir menunjukkan betapa berkembangnya dia," katanya.

"Mereka memenangkan kejuaraan. Dari sudut pandang kami, itu adalah peluang yang terlewatkan," kata Jarvis.


Data Juara per Seri MotoGP 2020

1. Jerez-1: Fabio Quartararo (Petronas Yamaha)
2. Jerez-2: Fabio Quartararo (Petronas Yamaha)
3. Brno: Brad Binder (Red Bull KTM)
4. Spielberg-1: Andrea Dovizioso (Ducati Team)
5. Spielberg-2: Miguel Oliveira (Red Bull KTM Tech 3)
6. Misano-1: Franco Morbidelli (Petronas Yamaha)
7. Misano-2: Maverick Vinales (Monster Yamaha)
8. Catalunya: Fabio Quartararo (Petronas Yamaha)
9. Le Mans: Danilo Petrucci (Ducati Team)
10. Aragon-1: Alex Rins (Suzuki Ecstar)
11. Aragon -2: Franco Morbidelli (Petronas Yamaha)
12. Valencia-1: Joan Mir (Suzuki Ecstar)
13. Valencia-2: Franco Morbidelli (Petronas Yamaha)
14. Portimao: Miguel Oliveira (Red Bull KTM Tech3)



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X