Ekspektasi Rendah Vinales pada Motor Yamaha

Kompas.com - 04/01/2021, 11:42 WIB
Maverick Vinales saat berlaga di MotoGP Valencia. (Photo by LLUIS GENE / AFP) LLUIS GENEMaverick Vinales saat berlaga di MotoGP Valencia. (Photo by LLUIS GENE / AFP)

JEREZ, KOMPAS.com - Musim depan merupakan tahun kelima Maverick Vinales bersama tim pabrikan Yamaha. Tapi selama itu pula Vinales masih mengalami kendala dengan M1.

Sejak 2017 Vinales harus berjuang setiap balapan pada akhir pekan. Performa motor hanya bagus di awal, misal saat latihan bebas atau mengejar posisi start balap. Tapi kemudian merosot pada akhir pekan, saat balapan sesungguhnya berlangsung.

Baca juga: Bos Suzuki Tidak Sabar Tantang Marc Marquez di MotoGP 2021

Maverick Vinales saat berlaga di MotoGP Valencia. (Photo by LLUIS GENE / AFP)LLUIS GENE Maverick Vinales saat berlaga di MotoGP Valencia. (Photo by LLUIS GENE / AFP)

"Kami tidak berhasil meningkat selama akhir pekan. Sebagian besar kami mulai dengan cukup baik tapi kemudian tertinggal dari latihan ke latihan," kata Vinales mengutip Motorsport-Total.com, Minggu (3/1/2021).

Meski demikian, pebalap kelahiran 12 Januari 1995 itu mengatakan tidak tahu alasannya.

"Anda harus bertanya kepada Yamaha," kata Vinales lagi.

MotoGP musim 2020 contohnya, Vinales hanya sekali podium. Kalah dari para pebalap tim satelit Petronas Yamaha SRT yang mengoleksi enam kemenangan.

Baca juga: Morbidelli Disebut Akan Jadi Rival Terberat Marc Marquez

Rider Ducati, Danilo Petrucci, mengucapkan selamat kepada Maverick Vinales setelah rider Yamaha tersebut memenangi MotOGP Emilia Romagna di Sirkuit Misano, 20 September 2020.AFP/ANDREAS SOLARO Rider Ducati, Danilo Petrucci, mengucapkan selamat kepada Maverick Vinales setelah rider Yamaha tersebut memenangi MotOGP Emilia Romagna di Sirkuit Misano, 20 September 2020.

Musim lalu Vinales juga terkendala masalah teknis. Termasuk rem blong yang cukup fatal hingga kehabisan jatah mesin.

"Saya tidak dapat menjelaskannya kepada diri saya sendiri," kata Vinales.

"Ekspektasi saya sangat rendah sekarang. Sejujurnya, saya tidak dapat melakukan lebih dari menjaga sikap positif, tetap tenang dan melanjutkan pengembangan motor," katanya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X