Syarat dan Tarif Perpanjangan SIM di Satpas Keliling Jakarta

Kompas.com - 04/01/2021, 08:12 WIB
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Sekarang ini masyarakat semakin dimudahkan dalam mendapatkan pelayanan, salah satunya untuk perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM).

Pemilik SIM yang masa aktifnya hampir habis tidak harus melakukan perpanjangan di kantor Satuan Pelayanan Administrasi (Satpas) SIM setempat.

Tetapi, bisa juga melakukan perpanjangan masa berlaku SIM di Satpas keliling atau pun di gerai-gerai SIM yang sudah ditentukan lokasinya.

Dengan begitu, masyarakat bisa lebih fleksibel dalam memilih lokasi yang paling dekat dengan rumah saat akan memperpanjang SIM.

Baca juga: Mengapa STNK Kendaraan yang Sudah Dijual Perlu Diblokir?

Kasi SIM Subdit Regident Ditlantas Polda Metro Jaya AKP Agung Permana mengatakan, untuk melakukan perpanjangan SIM yang penting sebelum masa habisnya.

Ilustrasi Surat Izin Mengemudi (SIM)Kompas.com/Oik Yusuf Ilustrasi Surat Izin Mengemudi (SIM)

Kalau sudah terlambat atau melebihi masa aktif, maka pemilik SIM harus melakukan pembuatan baru dengan prosedur berbeda.

“Pelayanan perpanjangan SIM juga bisa dilakukan di lokasi SIM keliling dan gerai SIM yang ada di mal-mal di kawasan Jakarta,” ucap Agung kepada Kompas.com, belum lama ini.

Bagi anda yang ingin melakukan perpanjangan SIM di Satpas atau gerai SIM, sebaiknya menyiapkan sejumlah persyaratan yang dibutuhkan. Di antaranya, KTP asli dan fotokopi, SIM lama dan juga surat kesehatan.

Baca juga: Begini Cara Mudah Blokir STNK Tanpa Harus ke Samsat

Jika persyaratan yang diperlukan sudah lengkap, pemohon bisa datang langsung ke lokasi layanan SIM keliling dan melakukan pendaftaran.

Setelah mendaftar, pemohon akan mendapatkan formulir untuk diisi sesuai data pribadi. Untuk mempercepat proses pengisian data disarankan membawa alat tulis sendiri.

Perpanjangan SIM di Angkringan Drive Thrusatlantas polresta solo Perpanjangan SIM di Angkringan Drive Thru

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.