Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tidur di Dalam Mobil, Jangan Pakai AC atau Kondisi Mesin Hidup

Kompas.com - 03/01/2021, 10:21 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Melakukan perjalanan dengan mengendarai kendaraan roda empat tidak luput dari rasa lelah. Apalagi setalah musim libur natal dan tahun baru berakhir, tidak sedikit pemilik kendaraan yang menempuh jarak hingga ratusan kilometer untuk kembali ke rumah.

Tentunya, pengemudi membutuhkan waktu untuk sekadar berisitirahat dan mengembalikan staminanya sebelum melanjutkan perjalanan. Banyak yang kemudian mencari tempat nyaman dan tidur di dalam mobil hingga beberapa waktu.

Baca juga: Bus Kelas Ekonomi Non AC Masih Diminati di Sumatera

Namun, saat hendak tidur di dalam mobil ternyata ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar tidak menimbulkan kejadian yang tidak diinginkan.

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan, saat hendak tidur di dalam mobil sebaiknya memilih tempat yang aman dan nyaman terlebih dahulu. Hindari bersitirahat di tempat sepi atau di bawah pohon.

Tempat Istirahat (TI) KM 50 Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek Jalur arah Cikampek Jasa marga Tempat Istirahat (TI) KM 50 Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek Jalur arah Cikampek

“Saat tidur di mobil, sebaiknya mesin dalam kondisi mati dan tidak menyalakan AC. Hal ini untuk mengantisipasi adanya gas beracun yang bisa terhirup dan menyebabkan pengemudi keracunan,” ujar Didi saat dihubungi Kompas.com belum lama ini.

Didi menambahkan, ketika ingin beristirahat di dalam mobil hal terpenting yang harus diperhatikan adalah sirkulasi udara.

“Sebaiknya jaca dibuka sedikit agar ada sirkulasi udara yang baik, sehingga saat beristirahat di dalam mobil pengemudi bisa nyaman dan tentunya aman,” kata Didi.

Baca juga: 106.058 Kendaraan Menuju Jakarta Jelang Puncak Arus Balik

Hal serupa diungkapkan oleh Training Director The Real Driving Center Marcell Kurniawan. Dirinya juga menyarankan agar pengemudi tidak tidur di dalam mobil dengan kondisi mesin dan AC menyala.

“Akan sangat berbahaya jika di lokasi parkir memiliki sirkulasi udara yang kurang baik, seperti di basement,” kata Marcell.

Hal itu bisa menyebabkan terjadinya kebocoran karbon dioksida dan gas bisa masuk ke kabin mobil. Gas beracun bisa saja terhirup dan membuat pengemudi lemas hingga menyebabkan kematian.

“Jika memang pengemudi sudah merasa lelah, sebaiknya melakukan istirahat atau tidur sebentar (power nap) dengan durasi antara 10 sampai 15 menit saja. Tetapi juga harus dilakukan diruang terbuka dengan sirkulasi udara yang bagus serta jendela sedikit terbuka,” ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com