Joan Mir dan Marquez Belum Lahir Saat Rossi Pertama Kali Balapan

Kompas.com - 03/01/2021, 08:41 WIB
Valentino Rossi di kelas 125cc 1996 Foto: Motorsport-Total.comValentino Rossi di kelas 125cc 1996
|

JEREZ, KOMPAS.com - Musim depan Valentino Rossi akan berumur 42 tahun. The Doctor akan menjadi pebalap paling tua yang masih aktif di lintasan MotoGP.

Menariknya delapan dari 21 pebalap MotoGP 2021 alias musim depan ternyata belum lahir saat Rossi pertama kali balapan di kejuaraan dunia 125cc pada 1996.

Baca juga: Ucapkan Selamat Tahun Baru, Rossi Resmi Berseragam Petronas Yamaha

Valentino Rossi resmi berseragam Petronas Yamaha Sepang Racing Team@sepangracingteam Valentino Rossi resmi berseragam Petronas Yamaha Sepang Racing Team

Rossi pertama kali memulai debutnya di Grand Prix 125 cc bersama Scuderia AGV Aprilia, pada 31 Maret 1996, di Sirkuit Shah Alam, Malaysia.

Rossi juga sudah balapan di kelas GP 125 beberapa hari sebelum Alex Marquez lahir. Adik Marc Marquez itu lahir 23 April 1996 di Cervera, Spanyol.

Pada 7 April 1996, Rossi juga tercatat balapan di Sirkuit Sentul, GP Indonesia. The Doctor hanya berada di posisi 11 pada balapan ketika itu.

Meski berulang kali Rossi mengatakan masih sanggup meladeni pebalap muda, tapi diakui atau tidak umur adalah faktor yang berpengaruh pada atlet.

Baca juga: Ayah Lorenzo Cerita Kalau Rossi Selalu Menebar Psywar pada Anaknya

Ritual Valentino Rossi. (Photo by JEAN-FRANCOIS MONIER / AFP)JEAN-FRANCOIS MONIER Ritual Valentino Rossi. (Photo by JEAN-FRANCOIS MONIER / AFP)

Setelah Rossi, pebalap tertua kedua ialah Aleix Espargaro yakni 31 tahun. Aleix jadi yang kedua tertua setelah Andrea Dovizioso cuti dan Cal Cructhlow pensiun.

Berikut daftar delapan pebalap MotoGP 2021 yang belum lahir saat Rossi sudah balapan di kejuaraan dunia 125cc.

1. Alex Marquez, 23 April 1996, Cervera, Spanyol.

2. Francesco "Pecco" Bagnaia, 14 Januari 1997, Turin, Itali

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X