Mengenal Konfigurasi Mobil dengan Mesin Boxer

Kompas.com - 03/01/2021, 07:41 WIB
Dapur pacu Subaru BRZ gunakan mesin boxer terbaru. https://media.subaru.com/Dapur pacu Subaru BRZ gunakan mesin boxer terbaru.

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap mobil pasti memiliki mesin yang berfungsi untuk menggerakkan mobil. Mesin pada mobil memiliki berbagai macam jenis dan konfigurasi.

Beberapa konfigurasi mesin yang ditawarkan seperti mesin segaris atau inline, mesin V, mesin boxer, hingga mesin rotary.

Alasan pabrikan menggunakan konfigurasi mesin yang berbeda karena menyesuaikan kompartemen mesin, kemudahan perawatan hingga mengejar perfomanya.

Pada bahasan Otopedia kali ini, tim redaksi KompasOtomotif akan membahas mengenai mesin boxer pada mobil.

Baca juga: Bus Kelas Ekonomi Non AC Masih Diminati di Sumatera

Konsep mesin boxer sendiri, pertama kali ditemukan oleh Karl Benz yang merupakan insinyur mesin asal Jerman pada tahun 1896. Beberapa merek mobil yang cukup sering menggunakan konfigurasi mesin boxer, yaitu Subaru, Volkswagen, dan Porsche.

Mesin boxer BMW klasik akan menjadi komponen utama doorprize pengunjung Kustomfest 2015.Facebook-Lulut Wahyudi Mesin boxer BMW klasik akan menjadi komponen utama doorprize pengunjung Kustomfest 2015.

Mesin ini memiliki nama lain Flat Engine. Berbeda dari mesin V-Twin yang memiliki posisi silinder saling berseberangan dengan posisi sama-sama berdiri dan seolah membentuk konfigurasi V, mesin boxer menampilkan posisi piston berseberangan dengan posisi horizontal atau sama-sama tertidur.

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan, mesin boxer adalah sebuah konfigurasi mesin pembakaran dalam yang pistonnya bergerak secara horizontal.

Baca juga: 106.058 Kendaraan Menuju Jakarta Jelang Puncak Arus Balik

“Desain mesin boxer melebar dan membentuk sudut 180 derajat, dengan satu crankshaft di tengah. Ini yang membuat mesin boxer paling baik soal titik gravitasi,” kata Didi saat dihubungi Kompas.com belum lama ini.

Keunggulan mesin boxer

Kelebihan dari mesin boxer adalah lebih stabil, minim getaran, dan tingkat efisiensi mesin lebih baik. Hal ini dikarenakan piston pada mesin boxer bekerja saling berlawanan arah, sehingga menghasilkan kinerja mesin yang halus dan memiliki keseimbangan yang sangat baik, membuat mesin boxer tidak memerlukan counterbalance.

Mesin Boxer Subaru tembus 1,5 juta unitLeftlanenews Mesin Boxer Subaru tembus 1,5 juta unit

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X