Kompas.com - 30/12/2020, 11:41 WIB
KTM 250 Adventure Foto: MotorbeamKTM 250 Adventure

JAKARTA, KOMPAS.com - KTM sudah memiliki pamor yang cukup tinggi di dunia otomotif roda dua. Namun, banyak orang yang tak mengetahui apa kepanjangan KTM dan arti kode pada penamaan motor-motornya.

KTM merupakan pabrikan motor asal Austria. Nama KTM sendiri merupakan singkatan dari Kronreif & Trunkenpolz Mattighofen. Tidak heran mengapa pabrikan ini menyukai singkatan juga pada produknya.

Baca juga: KTM Pede Targetkan Juara Dunia MotoGP 2021

Dikutip dari Ultimatemotorcycling.com, untuk KTM yang lebih banyak memiliki jajaran motor trail dan adventure, hampir semuanya menggunakan penamaan dengan kode huruf dan angka. Berikut ini daftar kode penamaannya:

Arti kode penamaan motor KTMFotografie Mitterbauer Arti kode penamaan motor KTM

Motocross

Banyak pabrikan lain yang memilih menggunakan kode MX untuk motocross. Tapi, tidak dengan KTM, mereka justru menggunakan kode SX, yang malah berorientasi pada supercross.
SX: Ditujukan untuk motor motocross 2-tak.

SX-F: Dengan penambahan huruf F, berarti ini untuk motor motocross 4-tak.

SX-E: Huruf E sudah pasti bisa ditebak, yakni motor motocross elektrik.

Arti kode penamaan motor KTMUltimatemotorcycling.com Arti kode penamaan motor KTM

Enduro

KTM juga terkenal dengan motor trail kategori enduro. Di kategori ini, cukup banyak kode yang digunakan.

EXC-F: Huruf E mengacu pada Enduro dan legal digunakan di jalan raya, lalu XC berarti cross-country. F sendiri merupakan kode untuk motor 4-tak.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X