Akses Masuk Jakarta Saat Malam Pergantian Tahun 2021 Ditutup Polisi

Kompas.com - 30/12/2020, 07:22 WIB
Petugas kepolisian mengarahkan kendaraan pribadi yang melintas di tol Jakarta-Cikampek untuk keluar melalui pintu tol Cikarang Barat 3, Jawa Barat, Kamis (21/5/2020). Pengalihan tersebut sebagai upaya penyekatan gelombang pemudik jelang perayaan Hari Raya Idul Fitri 1441 H dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah. ANTARA FOTO/NOVA WAHYUDIPetugas kepolisian mengarahkan kendaraan pribadi yang melintas di tol Jakarta-Cikampek untuk keluar melalui pintu tol Cikarang Barat 3, Jawa Barat, Kamis (21/5/2020). Pengalihan tersebut sebagai upaya penyekatan gelombang pemudik jelang perayaan Hari Raya Idul Fitri 1441 H dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah.

JAKARTA, KOMPAS.com - Polda Metro Jaya akan melakukan penyekatan pada ruas-ruas jalan yang jadi akses masuk DKI Jakarta dari Bekasi, Depok, hingga Tangerang, pada malam pergantian tahun 2021.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, penyekatan dilakukan guna mencegah terjadinya kerumunan warga di wilayah Ibu Kota.

Maka, bagi seluruh warga yang melaksanakan konvoi dan arak-arakan massa di periode terkait akan diputarbalikkan. Namun, belum disebut secara detil mengenai titik lokasi di mana saja.

Baca juga: Hindari Perilaku Ini Saat Mengemudi di Jalan Tol

Sejumlah kendaraan melintasi tol JORR (Jakarta Outer Ring Road) menuju tol Jakarta-Cikampek di Bekasi , Jawa Barat, Kamis (23/4/2020). Menurut data Direktorat Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya sebanyak 44.550 kendaraan keluar wilayah Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi ) melewati gerbang tol Cikampek Utama jelang larangan mudik yang ditetapkan pemerintah pada (24/4/2020).ANTARA FOTO/FAKHRI HERMANSYAH Sejumlah kendaraan melintasi tol JORR (Jakarta Outer Ring Road) menuju tol Jakarta-Cikampek di Bekasi , Jawa Barat, Kamis (23/4/2020). Menurut data Direktorat Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya sebanyak 44.550 kendaraan keluar wilayah Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi ) melewati gerbang tol Cikampek Utama jelang larangan mudik yang ditetapkan pemerintah pada (24/4/2020).

"Kami akan melakukan penyekatan di pintu masuk Jakarta. Jadi di perbatasan antara Bekasi-Jakarta, Depok-Jakarta, Tangerang-Jakarta itu bakal diperkuat penempatan anggota," kata Sambodo, Selasa (29/12/2020).

Sambodo berharap warga bisa memahami dilakukannya penyekatan tersebut. Polisi akan mendapat bantuan dari TNI dan instansi terkait dalam upaya penyekatan tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain penyekatan akses pintu masuk Jakarta, kepolisian juga berencana menutup total Jalan Jenderal Sudirman-M.H. Thamrin dari malam hingga pagi hari, baik untuk kendaraan maupun orang.

Baca juga: Kamis, Diprediksi Jadi Puncak Arus Lalu Lintas Tahun Baru

"Akan ada car free night bahkan crowd free night, artinya di Jalan Sudirman Thamrin tidak boleh dilewati kendaraan termasuk sepeda dan tidak boleh dilewati manusia," kata Sambodo.

Pada kesempatan sama, pihak Polda Metro Jaya juga dipastikan tidak akan menerbitkan surat izin keramaian. Hal ini sejalan dengan protokol kesehatan selama masa pandemi Covid-19.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.