Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KTM Siap Sambut Kerja Sama dengan Tim Sky VR46

Kompas.com - 21/12/2020, 08:42 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Keinginan Valentino Rossi untuk memiliki tim MotoGP di masa depan mendapat sambutan baik dari beberapa pabrikan, salah satunya adalah KTM.

Untuk diketahui, lima dari enam tim independen di MotoGP sudah memperpanjang kontrak dengan Dorna Sport. Tiga diantaranya yang sudah mengantongi kontrak eksklusif dengan pabrikan adalah LCR Honda, Pramac Ducati, dan KTP Tech 3.

Sementara itu, tim independen Avintia Ducati, disebut akan menjadi tim VR46 pada 2022. Bahkan Luca Marini yang merupakan adik tiri Valentino Rossi, sudah dipromosikan Avintia Ducati untuk musim depan. Uniknya, motor yang ditunggangi Luca Marini tetap menggunakan livery khas VR46.

Baca juga: Dorna Bantu Valentino Rossi Punya Tim di MotoGP

Meski musim depan VR46 memakai motor Ducati, VR46 belum teken kontrak dengan pabrikan mana pun pada 2020. Hal ini karena The Doctor masih mencari pilihan terbaik di antara pabrikan yang ada, yakni Yamaha, Suzuki, dan Ducati.

KTM mulai mencoba menggunakan holeshot device pada RC16. (Photo by JEAN-FRANCOIS MONIER / AFP)JEAN-FRANCOIS MONIER KTM mulai mencoba menggunakan holeshot device pada RC16. (Photo by JEAN-FRANCOIS MONIER / AFP)

Direktur Motorsport KTM Pit Beirer, secara terang-terangan mengatakan siap menerima panggilan telepon kapan pun dari Valentino Rossi untuk menjalin kerja sama dengan tim nya.

Ini terkait dengan relasi KTM dan Valentino Rossi. Sudah enam musim, tim balap VR46 yang berlaga di Moto3 mendapat pasokan mesin dari KTM. Bukan hal yang mustahil jika kerja sama itu berlanjut ke kelas MotoGP.

Namun, sejauh ini KTM belum berpikir untuk memilik tim ketiga di MotoGP. Maka dari itu, Pit Beirer mengungkap kemungkinan memasok mesin kepada tim lain selepas 2022.

Baca juga: Legenda MotoGP Ini Meragukan Joan Mir di Musim Depan

“Dengan senang hati, kami siap menerima panggilan telepon dari Valentino Rossi. Tetapi, kami lebih memilih panggilan tersebut datang setelah 2022 atau 2023,” kata Pit Beirer, dikutip dari Speedweek, Minggu (20/12/2020).

Untuk saat ini, Yamaha tetap menjadi kandidat yang terkuat. Apalagi, pabrikan berlambang garpu tala itu pernah berjanji untuk mendukung penuh apa pun langkah selanjutnya dari Valentino Rossi.

Ducati juga memiliki peluang karena saat ini Avintia perlahan-lahan berubah menjadi VR46. Sedangkan, Suzuki masih berpeluang kecil, karena niatan mereka memiliki tim satelit hingga kini masih menjadi wacana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com