Bus Milik PO SAN yang Spesial, Jetbus SD-V3+

Kompas.com - 24/12/2020, 08:02 WIB
Bus AKAP baru PO SAN PO SANBus AKAP baru PO SAN

JAKARTA, KOMPAS.com – Belum lama ini Perusahaan Otobus (PO) SAN Putera Sejahtera (PO SAN) merilis delapan bus dengan sasis tronton merek Scania. Empat bus dibuat dari karoseri Adiputro dan sisanya dibuat oleh karoseri Laksana.

Jika melihat bus PO SAN buatan karoseri Adiputro, ada berbagai bagian yang unik, berbeda dengan yang biasanya. Untuk secara bodi, memakai Jetbus 3+ Super High Decker (SHD) dengan berbagai kustomisasi.

Misalnya, pada kaca atas model lain ada penamaan bodi bus tersebut, stiker bertuliskan Jetbus 3+ SHD. Sedangkan, untuk bus milik PO SAN, posisi tadi diganti dengan lambang “SAN” dan penamaan bodi tertempel di kaca samping sisi depan, tulisannya SD-V3+.

Baca juga: Wajib Kenal dan Paham Penyebab Ban Meledak di Jalan Tol

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Adiputro Wirasejati (@adiputro_official)

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Direktur Utama PO SAN, Kurnia Lesani Adnan mengatakan, SD-V3+ itu singkatan dari Super high Deck Voyager. Selain itu, bentuk dari selendang Voyagernya juga berbeda dibanding Jetbus 3+ Voyager pada umumnya.

Untuk desain selendang Voyager, perbedaannya yaitu menyambung dengan ornamen lampu di atasnya, sedangkan yang biasanya terpisah. Lalu milik PO SAN ini tidak memakai ornamen yang memanjang dari kaca samping depan sampai belakang.

“Selendang samping kami ubah lebih karena alasan teknis. Dengan tidak ada selendang yang memanjang, memudahkan pada saat penggantian kaca samping,” ucap pria yang akrab disapa Sani kepada Kompas.com, Rabu (23/12/2020).

Baca juga: Harga Nissan Magnite Hanya Sementara, Tahun Depan Naik

Jetbus 3+ SHDKompas.com/Fathan Radityasani Jetbus 3+ SHD

Sani mengatakan, jalan provinsi di Sumatera masih banyak pohon yang menjorok ke jalan. Pohon ini yang menyebabkan selendang tergores bahkan bisa pecah. Dirinya merasa risih jika lhat bus compang-camping dipaksa beroperasi.

Model selendang yang unik ini bisa menjadi inspirasi untuk PO bus lainnya. Jika melihat sisi kepraktisannya, mengganti kaca yang pecah dengan model selendang seperti ini memang lebih mudah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.