Kompas.com - 24/12/2020, 18:21 WIB
Koil sepeda motor cuutex.blogspot.comKoil sepeda motor

JAKARTA, KOMPAS.comKoil yang ada di motor memiliki peran yang penting pada sistem pengapian kendaraan. Oleh karena itu, memerhatikan kondisi koil juga harus dilakukan agar performa motor tetap maksimal.

Koil adalah komponen yang berfungsi untuk meninggikan tegangan rendah dari aki menjadi tinggi. Biasanya tegangan sebesar 12 Volt dari aki diubah hingga 30.000 Volt untuk menyalakan pembakaran di ruang bakar.

Lalu bagaimana untuk mengetahui kondisi koil yang sudah tidak baik atau rusak?

Baca juga: Baru Dipasarkan, Hyundai Palisade Sudah Terpesan 36 Unit di Indonesia

Koil sepeda motorawansan.com Koil sepeda motor

Technical Service Division PT Astra Honda Motor, Endro Sutarno mengatakan, koil yang sudah rusak, akan menyebabkan motor jadi sulit dinyalakan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Kalau tidak susah hidup mesinnya, atau sama sekali tidak bisa dihidupkan. Begitu juga kalau kondisinya sudah lemah,” ucap Endro kepada Kompas.com, Kamis (24/12/2020).

Kemudian karena fungsinya yang sangat penting, jika motor berjalan dan koil sudah melemah, mesin akan terasa brebet. Kemudian saat ingin kembali menyalakannya, akan sangat sulit dilakukan.

Baca juga: Honda CBR250RR Meluncur di Malaysia, Harga Beda Jauh dari Indonesia

Selain itu, Kepala Bengkel Daya Motor Cibinong, Asep Suherman mengatakan, koil yang rusak bisa dilihat secara kasat mata. Kerusakan koil bisa terjadi karena kabelnya yang sudah rapuh sehingga suplai arus tidak maksimal.

"Suplai arus yang tidak maksimal mengakibatkan tegangan kecil atau tidak sesuai dengan yang dibutuhkan motor," ujar Herman, saat dihubungi Kompas.com.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X