Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Begini Tanda Koil Motor yang Melemah atau Rusak

JAKARTA, KOMPAS.com – Koil yang ada di motor memiliki peran yang penting pada sistem pengapian kendaraan. Oleh karena itu, memerhatikan kondisi koil juga harus dilakukan agar performa motor tetap maksimal.

Koil adalah komponen yang berfungsi untuk meninggikan tegangan rendah dari aki menjadi tinggi. Biasanya tegangan sebesar 12 Volt dari aki diubah hingga 30.000 Volt untuk menyalakan pembakaran di ruang bakar.

Lalu bagaimana untuk mengetahui kondisi koil yang sudah tidak baik atau rusak?

Technical Service Division PT Astra Honda Motor, Endro Sutarno mengatakan, koil yang sudah rusak, akan menyebabkan motor jadi sulit dinyalakan.

“Kalau tidak susah hidup mesinnya, atau sama sekali tidak bisa dihidupkan. Begitu juga kalau kondisinya sudah lemah,” ucap Endro kepada Kompas.com, Kamis (24/12/2020).

Kemudian karena fungsinya yang sangat penting, jika motor berjalan dan koil sudah melemah, mesin akan terasa brebet. Kemudian saat ingin kembali menyalakannya, akan sangat sulit dilakukan.

Selain itu, Kepala Bengkel Daya Motor Cibinong, Asep Suherman mengatakan, koil yang rusak bisa dilihat secara kasat mata. Kerusakan koil bisa terjadi karena kabelnya yang sudah rapuh sehingga suplai arus tidak maksimal.

"Suplai arus yang tidak maksimal mengakibatkan tegangan kecil atau tidak sesuai dengan yang dibutuhkan motor," ujar Herman, saat dihubungi Kompas.com.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/12/24/182100615/begini-tanda-koil-motor-yang-melemah-atau-rusak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke