Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sentuhan Khusus PO SAN pada Armada Terbaru Buatan Karoseri Laksana

Kompas.com - 24/12/2020, 14:41 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Belum lama ini, perusahaan otobus (PO) SAN Putera Sejahtera (PO SAN) merilis delapan bus dari dua karoseri yang berbeda, Adiputro di Malang dan Laksana di Semarang.

Untuk bus buatan Adiputro, PO SAN memakai bodi Jetbus SD-V3+. Bodi ini sedikit berbeda dengan Jetbus 3+ SHD biasa, mulai dari selendang sampai penamaannya. Selain itu, empat bus buatan Laksana juga tidak lepas dari personalisasi pemiliknya.

Export Manager karoseri Laksana, Werry Yulianto mengatakan, ada beberapa variasi yang dipasang pada bodi Legacy SR2 XHD Prime S Series dengan sasis Scania K410iB 6x2 ini.

Baca juga: Pujian Valentino Rossi buat Suzuki GSX-RR, Motor Sederhana tapi Juara

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by KAROSERI LAKSANA (@laksanabus)

 

“Ada penambahan variasi dari bahan stainless steel di bagian samping dan belakang bus milik PO SAN, sesuai permintaan ownernya,” ucap Werry kepada Kompas.com, Kamis (24/12/2020).

Variasi yang ada di samping bodi ini ada di bawah selendang. Bentuknya mengikuti desain bodi, sehingga membuat tampilan bus semakin mewah. Sedangkan variasi yang di belakang ditempatkan di atas kap mesin.

Masih di bagian belakang, Werry mengatakan kalau bus PO SAN ini memakai lampu model baru. Walaupun secara desain masih sama, namun ada sedikit perbedaan di indikator lampu seinnya.

Baca juga: Enggak Punya Garasi, Jangan Parkir Sembarangan di Pinggir Jalan

Bus AKAP baru PO SANDOK. KAROSERI LAKSANA Bus AKAP baru PO SAN

“Lampu seinnya bergantian dengan lampu rem. Jadi bentukan L yang paling luar akan berubah kuning LED nya, seperti lampu sein. Nantinya semua bus baru akan pakai lampu ini,” kata Werry.

Kemudian untuk kabinnya, bus ini memakai susunan kursi dua di kanan dan dua di kiri (2-2) dengan total bisa mengangkut 56 penumpang. Selanjutnya juga disertakan colokan charger HP untuk setiap kursi dan ada toilet di tengah kabin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com