Sentuhan Khusus PO SAN pada Armada Terbaru Buatan Karoseri Laksana

Kompas.com - 24/12/2020, 14:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Belum lama ini, perusahaan otobus (PO) SAN Putera Sejahtera (PO SAN) merilis delapan bus dari dua karoseri yang berbeda, Adiputro di Malang dan Laksana di Semarang.

Untuk bus buatan Adiputro, PO SAN memakai bodi Jetbus SD-V3+. Bodi ini sedikit berbeda dengan Jetbus 3+ SHD biasa, mulai dari selendang sampai penamaannya. Selain itu, empat bus buatan Laksana juga tidak lepas dari personalisasi pemiliknya.

Export Manager karoseri Laksana, Werry Yulianto mengatakan, ada beberapa variasi yang dipasang pada bodi Legacy SR2 XHD Prime S Series dengan sasis Scania K410iB 6x2 ini.

Baca juga: Pujian Valentino Rossi buat Suzuki GSX-RR, Motor Sederhana tapi Juara

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by KAROSERI LAKSANA (@laksanabus)

 

“Ada penambahan variasi dari bahan stainless steel di bagian samping dan belakang bus milik PO SAN, sesuai permintaan ownernya,” ucap Werry kepada Kompas.com, Kamis (24/12/2020).

Variasi yang ada di samping bodi ini ada di bawah selendang. Bentuknya mengikuti desain bodi, sehingga membuat tampilan bus semakin mewah. Sedangkan variasi yang di belakang ditempatkan di atas kap mesin.

Masih di bagian belakang, Werry mengatakan kalau bus PO SAN ini memakai lampu model baru. Walaupun secara desain masih sama, namun ada sedikit perbedaan di indikator lampu seinnya.

Baca juga: Enggak Punya Garasi, Jangan Parkir Sembarangan di Pinggir Jalan

Bus AKAP baru PO SANDOK. KAROSERI LAKSANA Bus AKAP baru PO SAN

“Lampu seinnya bergantian dengan lampu rem. Jadi bentukan L yang paling luar akan berubah kuning LED nya, seperti lampu sein. Nantinya semua bus baru akan pakai lampu ini,” kata Werry.

Kemudian untuk kabinnya, bus ini memakai susunan kursi dua di kanan dan dua di kiri (2-2) dengan total bisa mengangkut 56 penumpang. Selanjutnya juga disertakan colokan charger HP untuk setiap kursi dan ada toilet di tengah kabin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.