Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berdiri di Atas Jok dan Tersungkur, Ingat Jalan Raya Bukan buat Gaya

Kompas.com - 23/12/2020, 19:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Belum lama ini tersebar video pengendara motor yang melakukan atraksi berdiri di atas jok motor yang dilakukan di jalan raya. Namun sayangnya, pria pengendara motor tersebut kehilangan keseimbangan dan jatuh ke aspal.

Melakukan atraksi seperti ini bukanlah yang pertama kali dilakukan, tetapi sudah banyak terjadi. Tentu saja hal ini sangat berbahaya karena selain mencelakakan diri sendiri, dirinya juga bisa membuat orang lain terkena imbasnya.

Head of Safety Riding Promotion Wahana, Agus Sani mengatakan, aksi berdiri di atas jok motor ini karena gaya-gayaan saja dan dilakukan oleh anak muda bersama teman-temannya.

Baca juga: Suzuki Ingin Joan Mir Pakai Nomor 1 di MotoGP 2021

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by streetmannersindonesia (@streetmannersindonesia)

 

“Kadang anak-anak muda kan ingin terlihat keren padahal belum menguasai keterampilan berkendara,” kata Agus kepada Kompas.com, Rabu (23/12/2020).

Aksi berdiri di atas motor ini memang biasa dilakukan oleh stunt rider atau freestyler yang sudah profesional. Menyeimbangkan motor untuk melakukan aksi ini memang sulit, mereka juga latihannya bukan di jalan raya.

Baca juga: Tak Dipakai, Mekanik Kesayangan Rossi Pensiun dari MotoGP

“Sekalipun mampu, aksi-aksi tadi tidak dilakukan stunt rider di jalan raya, tapi hanya saat pertunjukan saja,” kata Agus.

Oleh karena itu, perlu diingat lagi tujuan berkendara di jalan raya yaitu agar aman dan selamat sampai di tujuan. Jadi kalau tujuannya ingin gaya-gayaan atau atraksi, sebaiknya tidak dilakukan di jalan raya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com