Berdiri di Atas Jok dan Tersungkur, Ingat Jalan Raya Bukan buat Gaya

Kompas.com - 23/12/2020, 19:01 WIB
Pemuda yang melakukan aksi akrobat di atas instagram.com/streetmannersindonesiaPemuda yang melakukan aksi akrobat di atas

JAKARTA, KOMPAS.com – Belum lama ini tersebar video pengendara motor yang melakukan atraksi berdiri di atas jok motor yang dilakukan di jalan raya. Namun sayangnya, pria pengendara motor tersebut kehilangan keseimbangan dan jatuh ke aspal.

Melakukan atraksi seperti ini bukanlah yang pertama kali dilakukan, tetapi sudah banyak terjadi. Tentu saja hal ini sangat berbahaya karena selain mencelakakan diri sendiri, dirinya juga bisa membuat orang lain terkena imbasnya.

Head of Safety Riding Promotion Wahana, Agus Sani mengatakan, aksi berdiri di atas jok motor ini karena gaya-gayaan saja dan dilakukan oleh anak muda bersama teman-temannya.

Baca juga: Suzuki Ingin Joan Mir Pakai Nomor 1 di MotoGP 2021

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by streetmannersindonesia (@streetmannersindonesia)

 

“Kadang anak-anak muda kan ingin terlihat keren padahal belum menguasai keterampilan berkendara,” kata Agus kepada Kompas.com, Rabu (23/12/2020).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Aksi berdiri di atas motor ini memang biasa dilakukan oleh stunt rider atau freestyler yang sudah profesional. Menyeimbangkan motor untuk melakukan aksi ini memang sulit, mereka juga latihannya bukan di jalan raya.

Baca juga: Tak Dipakai, Mekanik Kesayangan Rossi Pensiun dari MotoGP

“Sekalipun mampu, aksi-aksi tadi tidak dilakukan stunt rider di jalan raya, tapi hanya saat pertunjukan saja,” kata Agus.

Oleh karena itu, perlu diingat lagi tujuan berkendara di jalan raya yaitu agar aman dan selamat sampai di tujuan. Jadi kalau tujuannya ingin gaya-gayaan atau atraksi, sebaiknya tidak dilakukan di jalan raya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X