Baru Beli Mobil Bekas, Wajib Lakukan Hal Ini

Kompas.com - 22/12/2020, 10:12 WIB
Lapak Mobil tawarkan jasa titip jual mobil bekas di WTC Mangga Dua. KOMPAS.COM/STANLY RAVELLapak Mobil tawarkan jasa titip jual mobil bekas di WTC Mangga Dua.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pascabeli mobil bekas, sebaiknya kendaraan tersebut tidak langsung diajak mobilitas. Demi kenyamanan dan keselamatan ketika digunakan, melakukan pengecekan komponen jadi tindakan wajib yang dilakukan.

Service Part Division Head PT Astra Daihatsu Motor ( ADM) Anjar Rosjadi mengatakan, sebaiknya sang pemilik terlebih dahulu melakukan pemeriksaan kondisi mesin, seperti pada komponen radiator dan bagian filter-filter (misalnya filter udara, bahan bakar dan lainnya).

Baca juga: Pakai Ban Motor Diameter Lebih Kecil, Bisa Tingkatkan Akselerasi?

“Langkah selanjutnya, periksa kondisi oli-olinya (mesin, gardan, transmisi). Kemudin juga cairan pendingin, minyak rem, air wiper, dan minyak power steering,” ujar Anjar belum lama ini kepada Kompas.com.

Ilustrasi pemeriksaan mobil Daihatsu.KOMPAS.com / GHULAM M NAYAZRI Ilustrasi pemeriksaan mobil Daihatsu.

Lalu urutan selanjutnya, kata Anjar, beralih ke pemeriksaan komponen battery atau aki mobil, dan diteruskan pada kanvas rem dan kopling. Tentu saja, ketika komponen-komponen tersebut sudah tidak layak pakai atau tak berfungsi maksimal, sebaiknya dilakukan penggantian.

Baca juga: Selisik Fitur Menarik Yamaha Gear 125

“Belum berhenti sampai situ saja, lakukan inspeksi juga pada bagian kaki-kaki mobil, seperti tekanan ban, kondisi shockbreaker, dan kondisi alignment-nya. Tidak ketinggalan juga yang terakhir adalah memeriksa bagian interior mobil, dilanjutkan dengan membersihkan,” ucap Anjar.

Namun, bagi yang tidak sempat melakukan pemeriksaan tersebut bengkel resmi juga bisa melakukannya, termasuk Daihatsu. Ongkos jasa pemeriksaannya (tanpa penggantian suku cadang) disebut tak terlalu mahal, berkisar Rp 500.000 saja.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X