Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/12/2020, 08:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comKaroseri Laksana baru saja meluncurkan bus baru milik PO SS Trans. SS Trans menambah kendaraan operasional baru menggunakan bus medium dengan bodi Tourista XL yang dikawinkan dengan sasis Mercedes Benz OF 917.

Tourista XL ini berbeda dengan model sejenis pada umumnya. Dimensinya sedikit lebih besar dibanding bus medium lain, dengan panjang 10 meter, lebar 2,3 meter dan tinggi 3,3 meter.

Export Manager karoseri Laksana, Werry Yulianto mengatakan, PO SS Trans memang meminta berbagai hal mulai dari bagian eksterior dan interior dari bus medium ini.

Baca juga: Mobil Bekas Rp 40 Jutaan di Balai Lelang, Luxio, Avanza, hingga Harrier

Kabin bus pariwisata PO SS TransKaroseri Laksana Kabin bus pariwisata PO SS Trans

“Bagian luarnya ditambah LED bar yang ditempel di atas topi atau bando di kaca depan. Sedangkan susunan kursi di kabinnya juga menyesuaikan dengan permintaan customer,” ucap Werry kepada Kompas.com, Senin (21/12/2020).

Untuk LED bar sendiri, karoseri memang tidak menyediakannya. Jadi pelanggan bisa membawanya sendiri dan minta karoseri untuk memasangkannya ke bodi bus. Sedangkan untuk susunan kursinya, ada tiga macam.

Pertama di bagian depan ada dua kursi di kanan dan satu di kiri (2-1). Selain itu kursi dengan susunan 2-1 ini juga sudah memakai leg rest. Kemudian di belakangnya, susunan kursinya berubah jadi 2-2.

Baca juga: Liburan Pakai Mobil Pribadi Wajib Sertakan Hasil Rapid Test Antigen?

Kabin bus pariwisata PO SS TransKaroseri Laksana Kabin bus pariwisata PO SS Trans

“Kalau yang susunan 2-2 tidak memakai leg rest. Lalu di paling belakang ada sofa yang setidaknya bisa diduduki empat orang dengan nyaman,” kata Werry.

Untuk kursi susunan 2-1 dan 2-2 memakai kursi Hai buatan Rimba Kencana di Malang. Bahan kursinya memakai kulit sintetis berwarna coklat dipadukan dengan warna hitam. Selain itu juga sudah memakai armrest baik kursi 2-1 maupun 2-2. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com