Ingat, Hari Ini Tol Jagorawi Terapkan Uji Coba Rekayasa Lalu Lintas

Kompas.com - 21/12/2020, 08:12 WIB
Sejumlah kendaraan melintas di ruas jalan Tol Jagorawi di Cibubur, Jakarta Timur, Senin (8/6/2020). Terpantau terjadi kepadatan kendaraan di Tol Jagorawi menuju arah Jakarta dari KM 13 Cibubur hingga KM 08 Cipayung. ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/wsj.Sejumlah kendaraan melintas di ruas jalan Tol Jagorawi di Cibubur, Jakarta Timur, Senin (8/6/2020). Terpantau terjadi kepadatan kendaraan di Tol Jagorawi menuju arah Jakarta dari KM 13 Cibubur hingga KM 08 Cipayung.
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagai upaya mitigasi mengurai kepadatan lalu lintas di Jalan Tol Jagorawi, khususnya dari arah Bogor menuju Jakarta, Jasamarga Metropolitan Tollroad (JMT) akan melalukan uji coba rekayasa lalu lintas.

Pelaksanaan uji coba rekayasa lalu lintas tersebut dimulai pada hari ini, Senin (21/12/2020). Tepatnya di lokasi pertemuan lalu lintas (merging) pada On Ramp Gerbang Tol (GT) Cibubur 2.

"Uji coba tersebut dilakukan sebagai langkah upaya penguraian kepadatan yang kerap kali terjadi di lokasi tersebut," ujar Tri Wahyu Subekti, General Manager Representatif Office 1 Regional JMT, dalam keterangan resminya, Minggu (20/12/2020).

Baca juga: Langkah Pertamina Jamin Ketersediaan BBM di Tol Trans Jawa Selama Nataru

Langkah uji coba rekayasa lalu lintas dilakukan bersama kepolisian yang akan dilakukan hingga awal Januari 2021 dengan skema sebagai berikut :

1. Pemasangan Water Barrier dari Km 14+500 sampai 13+500 arah Jakarta untuk mensterilkan bahu jalan;

2. Pemasangan traffic cone dari Km 13+400 sampai 13+200 arah Jakarta (setelah Chevron Cibubur sampai dengan Cibubur 2 Satelit untuk kanalisasi Cibubur 2) untuk mengurangi merging;

Ruas Tol Jagorawi Jasa marga Ruas Tol Jagorawi

3. Menempatkan petugas Mobile Customer Services dan kendaraan bantuan lainnya di sekitar lokasi rekayasa lalu lintas sebagai langkah antispasi bila terjadi gangguan kendaraan.

Menurut Tri, pelaksanaan uji coba rekayasa lalu lintas ini diharapkan dapat memperbaiki aliran lalu lintas, meningkatkan waktu tempuh perjalanan, menertibkan lalu lintas, mengurangi kendaraan crossing, dan pada akhirnya dapat memperlancar lalu lintas.

"Hasil dari uji coba tersebut akan dilakukan evaluasi untuk diberlakukan secara permanen jika terbukti dapat mengurai kepadatan lalu lintas di sekitar Cibubur arah Jakarta," kata Tri.

Baca juga: Tol Bogor Ring Road Simpang Yasmin–Semplak Beroperasi Fungsional

Program ganjil genap di Tol Cibubur pada hari pertama berjalan kondusif, Senin (16/4/2018). Dengan adanya program pembatasan kendaraan berdasarkan nomor mobil ini, PT Jasa Marga menargetkan kecepatan mobil di tol ini naik 40 persen. KOMPAS.com/Stanly Ravel Program ganjil genap di Tol Cibubur pada hari pertama berjalan kondusif, Senin (16/4/2018). Dengan adanya program pembatasan kendaraan berdasarkan nomor mobil ini, PT Jasa Marga menargetkan kecepatan mobil di tol ini naik 40 persen.

Selain itu, contraflow arah Jakarta yang dimulai pada KM 17+200 sampai KM 8+600 akan tetap dilaksanakan seperti biasa untuk mengurai kepadatan di sekitar Cimanggis arah Jakarta.

JMT mengimbau pengguna jalan atar tetap berhati-hati dan tertib selam berlangsungnya kegiatan uji coba rekayasa lalu lintas tersebut. Tidak lupa untuk selalu memperhatikan rambu-rambu dan arahan petugas, serta mengatur waktu perjalanan.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X