Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahas Bus Custom Milik PO RedWhite Star Primajasa

Kompas.com - 21/12/2020, 08:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Belum lama ini, PO RedWhite Star Primajasa divisi pariwisata menambah kendaraan  baru dari karoseri Tentrem. Namun ada satu hal yang unik dari armada terbaru PO berkelir putih dan grafis merah ini.

Keunikannya ada pada model bodi yang digunakan. Secara tampilan depan, bus baru ini memakai muka dari Avante HDD yang lama. Sedangkan bagian belakangnya menggunakan model Avante H7 yang terbaru.

Bodi Avante HDD sendiri sebenarnya sudah tidak dilanjutkan lagi produksinya, digantikan dengan Avante H series. Lalu mengapa PO Primajasa masih bisa memiliki bodi bus yang unik ini?

Baca juga: [VIDEO] Hyundai Palisade Resmi Ditawarkan di Indonesia

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by PT Mayasari Group (@pt_mayasaribaktigroup)

 

Sales Staf karoseri Tentrem, Dimas Raditya mengatakan, mewujudkan bodi custom ini bisa dilakukan jika kostumer memesan bus dalam jumlah yang banyak.

“PO Primajasa bisa request bentuk bodi karena memesan ratusan bus di karoseri Tentrem. Untuk sasisnya sendiri semuanya memakai merek Hino,” ucap Dimas kepada Kompas.com, Minggu (20/12/2020).

Memesan bodi custom ini sebenarnya sesuai dengan kesepakatan antara kostumer dengan karoseri. Jika memesan dalam jumlah banyak, bodi bisa dibuat sesuai dengan keinginan pemesan bodi bus.

Baca juga: Cetar, Ini Warna Baru Yamaha R25 Model 2021

Bus Pariwisata PO RedWhite Star PrimajasaRully Novianto Bus Pariwisata PO RedWhite Star Primajasa

“Jadi bikin moulding atau cetakan biar enggak percuma. Karena membuat cetakan tersebut pasti ada biayanya,” kata Dimas.

Karena saat membuat bodi bus yang berbeda, harus membuat cetakan interior, lalu rangka dan suku cadang yang berbeda. Oleh karena itu, jika memesan unitnya sedikit, hanya mengikuti model yang sudah disediakan karoseri.

PO Primajasa sendiri ucap Dimas bisa dikatakan pelanggan setia karoseri Tentrem. Sebelum Avante series, PO Primajasa sudah memakai bodi buatan karoseri Tentrem dari model Galaxy dan Scorpion X.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com