Cara Mengatasi Mika Lampu Motor yang Mulai Kusam dan Menguning

Kompas.com - 15/12/2020, 11:12 WIB
Mika lampu sepeda motor kusam Foto: MotorplusMika lampu sepeda motor kusam

JAKARTA, KOMPAS.com – Salah satu yang memengaruhi penampilan motor yaitu bentuk dari lampu depannya. Namun akan sangat disayangkan kalau lampu yang modelnya sudah keren, mikanya malah kusam atau menguning.

Mika lampu yang kusam ini tentunya jadi kurang enak dilihat. Selain itu, pancaran lampu dari bohlam juga jadi tidak maksimal karena terhalang mika yang kusam.

Namun jika kusamnya masih tidak terlalu parah, sebenarnya bisa dibersihkan dengan memakai pasta gigi, seperti yang dikatakan Presiden Direktur XTO Car Care, Christopher Sebastian.

Baca juga: Susul PCX 160, Honda Kembangkan Vario 160

Mika lampu sepeda motor kusamFoto: Motorplus Mika lampu sepeda motor kusam

Caranya pun tidak sulit, pertama bersihkan dahulu mika lampunya sampai bersih kemudian keringkan. Setelah kering, oleskan pasta gigi secara merata ke permukaan lampu dan gosok dengan cara melingkar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Setelah itu diamkan sejenak, lalu siram dengan air sampai bersih,” ucap Christopher kepada Kompas.com belum lama ini.

Membersihkan dengan pasta gigi ini hanya efektif jika buram di luar saja. Sedangkan jika sampai menguning, mika harus dibuka dan dibersihkan dari bagian dalam.

Baca juga: Hitungan Hari, Nissan Magnite Siap Mengaspal di Tanah Air

Kepala Bengkel AHASS Daya Motor Cibinong dan Megamendung, Asep Suherman mengatakan, ada berbagai faktor yang menyebabkan mika lampu jadi kusam, seperti usia motor, bohlam yang tidak sesuai dan retakan kecil.

"Bisa karena pernah memakai bohlam lampu yang tidak standar atau memang usia pakai yg sudah terlampau lama, atau bisa juga ada lubang kecil atau retakan yang mengakibatkan debu, kotoran, air masuk ke dalam mika lampu, mengakibatkan pengembunan sehingga lama kelamaan menjadi kusam," kata Herman kepada Kompas.com.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.