Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumors Kemunculan Toyota Yaris TNGA untuk Pasar ASEAN

Kompas.com - 15/12/2020, 07:22 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Pada akhir 2019, Toyota meluncurkan Yaris generasi baru dengan platform Toyota New Global Architecture (TNGA). Namun, model ini hanya dijual untuk pasar Jepang dan Eropa.

Sementara di beberapa negara di ASEAN, Yaris (XP150) yang dijual mengusung model yang lebih panjang dan lebih lebar.

Di Indonesia sendiri, platform XP150 sudah digunakan sejak generasi Yaris ‘Lele’ yang meluncur 2014, kemudian Yaris ‘Joker’ 2018, dan Yaris facelift 2020.

Baca juga: Alasan Mengapa Susunan Kursi Bus Lebih Banyak di Sisi Kanan Kabin

Toyota Yaris generasi keempat tersedia dalam 3 pilihan mesin.carscoops.com Toyota Yaris generasi keempat tersedia dalam 3 pilihan mesin.

Menurut laporan Autoindustriya, ada rumors bahwa Toyota ingin menyederhanakan jajaran Yaris dengan hanya menyediakan satu platform saja

Hal ini terungkap lewat bocoran foto Yaris TNGA yang tengah diuji coba di Thailand, dengan pelat nomor TC yang berarti mobil tes.

Kemunculan Yaris generasi baru itu jadi indikasi bahwa mobil ini bakal meluncur di Negeri Gajah Putih. Namun ada kemungkinan lain, bahwa Toyota tengah menguji platform tersebut di wilayah ASEAN.

Baca juga: Jokowi Undang Tesla untuk Berinvestasi di Indonesia

Toyota Yaris terbaru resmi diluncurkan di Indonesia.TAM Toyota Yaris terbaru resmi diluncurkan di Indonesia.

Di mana sasis baru ini harus punya daya tahan menghadapi kondisi jalan yang lebih beragam dengan iklim yang lebih ekstrim.

Sementara itu, ada lagi kemungkinan lain, bahwa Yaris generasi baru untuk pasar ASEAN mungkin menggunakan sasis TNGA.

Namun, bukan menjadi model yang persis seperti yang dijual di Jepang dan Eropa. Toyota mungkin tetap memberikan ukuran yang lebih panjang dan lebar, seperti Yaris XP150 yang beredar saat ini. Upaya dilakukan untuk mengakomodasi kabin yang lebih lapang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com