Masih Banyak yang Belum Paham, Ini Fungsi Tuas pada Spion Tengah

Kompas.com - 15/12/2020, 12:22 WIB
Kaca spion tengah jadi patokan visual belakang KOMPAS.comKaca spion tengah jadi patokan visual belakang
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap komponen pada kendaraan roda empat pastinya mempunyai fungsinya masing-masing.

Seperti seperti halnya keberadaan spion kabin yang ditempatkan pada bagian atas sisi kiri pengemudi.

Pada beberapa model mobil spion yang ada di dalam kabin ini juga terdapat sebuah tuas kecil. Tuas ini ternyata tidak hanya sebagai aksesori saja melainkan mempunyai fungsi yang cukup penting.

Hanya saja, selama ini tidak sedikit yang masih belum paham mengenai fungsi sesungguhnya dari keberadaan tuas pada kaca “pengintai” tersebut.

Baca juga: Mengapa STNK Kendaraan yang Sudah Dijual Perlu Diblokir?

Kepala Bengkel Auto2000, Cilandak Suparna mengatakan, saat berkendara di malam hari tidak jarang pengemudi di belakang memainkan lampu jauh atau high beam.

Hal ini akan membuat silau pengemudi sehingga berdampak pada visibilitas ketika berkendara di malam hari.

Dan tuas yang ada pada kaca spion tersebut memiliki fungsi untuk membantu mengurangi cahaya silau dari lampu kendaraan dari dibelakang.

fungsi spion tengah pada kabins515i.com fungsi spion tengah pada kabin

“Ketika berkendara di malam hari, kadang ada pengemudi di belakang yang suka memainkan lampu jauh atau high-beam. Kondisi ini bisa sangat mengganggu karena pantulan cahayanya bisa membuat silau pengemudi,” kata Suparna kepada Kompas.com, belum lama ini.

Untuk mengurangi pedaran cahaya yang mengganggu tersebut, pengemudi bisa memanfaatkan tuas kecil yang ada pada bagian spion.

Baca juga: Begini Cara Mudah Blokir STNK Tanpa Harus ke Samsat

Caranya yaitu dengan menekan atau menurunkan tuas tersebut sehingga posisi kaca spion juga ikut berubah. Dengan begitu maka biasan cahaya lampu dari belakang tidak lagi membuat silau pengemudi.

Ksca spion konvensional pada mobil akan digantikan dengan teknologi video streaming yang membuat mobil bakal tanpa kaca spion.Leftlanenews Ksca spion konvensional pada mobil akan digantikan dengan teknologi video streaming yang membuat mobil bakal tanpa kaca spion.

“Dengan begitu, pengendara tidak akan merasa terlalu silau, sebab pantulan sinarnya sudah direduksi terlebih dahulu di kaca belakang mobil,” tuturnya.

Meski keberadaan tuas tersebut terkesan sepele, tetapi mempunyai fungsi yang cukup penting termasuk dalam menjaga keselamatan berkendara.

Tuas ini tidak ada pada setiap tipe mobil yang ada di pasaran, melainkan hanya tipe tertentu saja yang masih mengadopsi aksesori ini.

Baca juga: Blokir STNK yang Mati 2 Tahun Segera Diberlakukan

“Tuas pada spion kabin ini umumnya hanya ada pada mobil menengah ke bawah saja, untuk mobil menengah ke atas sudah menggunakan spion auto dimming rear view mirror jadi secara otomatis akan meredup ketika ada sinar berlebih,” ucap Suparna.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X