Rumors Kemunculan Toyota Yaris TNGA untuk Pasar ASEAN

Kompas.com - 15/12/2020, 07:22 WIB
Spyshot Toyota Yaris TNGA di Thailand. autoindustriya.comSpyshot Toyota Yaris TNGA di Thailand.

JAKARTA, KOMPAS.com – Pada akhir 2019, Toyota meluncurkan Yaris generasi baru dengan platform Toyota New Global Architecture (TNGA). Namun, model ini hanya dijual untuk pasar Jepang dan Eropa.

Sementara di beberapa negara di ASEAN, Yaris (XP150) yang dijual mengusung model yang lebih panjang dan lebih lebar.

Di Indonesia sendiri, platform XP150 sudah digunakan sejak generasi Yaris ‘Lele’ yang meluncur 2014, kemudian Yaris ‘Joker’ 2018, dan Yaris facelift 2020.

Baca juga: Alasan Mengapa Susunan Kursi Bus Lebih Banyak di Sisi Kanan Kabin

Toyota Yaris generasi keempat tersedia dalam 3 pilihan mesin.carscoops.com Toyota Yaris generasi keempat tersedia dalam 3 pilihan mesin.

Menurut laporan Autoindustriya, ada rumors bahwa Toyota ingin menyederhanakan jajaran Yaris dengan hanya menyediakan satu platform saja

Hal ini terungkap lewat bocoran foto Yaris TNGA yang tengah diuji coba di Thailand, dengan pelat nomor TC yang berarti mobil tes.

Kemunculan Yaris generasi baru itu jadi indikasi bahwa mobil ini bakal meluncur di Negeri Gajah Putih. Namun ada kemungkinan lain, bahwa Toyota tengah menguji platform tersebut di wilayah ASEAN.

Baca juga: Jokowi Undang Tesla untuk Berinvestasi di Indonesia

Toyota Yaris terbaru resmi diluncurkan di Indonesia.TAM Toyota Yaris terbaru resmi diluncurkan di Indonesia.

Di mana sasis baru ini harus punya daya tahan menghadapi kondisi jalan yang lebih beragam dengan iklim yang lebih ekstrim.

Sementara itu, ada lagi kemungkinan lain, bahwa Yaris generasi baru untuk pasar ASEAN mungkin menggunakan sasis TNGA.

Namun, bukan menjadi model yang persis seperti yang dijual di Jepang dan Eropa. Toyota mungkin tetap memberikan ukuran yang lebih panjang dan lebar, seperti Yaris XP150 yang beredar saat ini. Upaya dilakukan untuk mengakomodasi kabin yang lebih lapang.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X