Ingat Batas Kecepatan di Jalan Tol Saat Pergi Berlibur Pakai Mobil

Kompas.com - 15/12/2020, 08:12 WIB
Ilustrasi rambu batas kecepatan maksimal yang diperbolehkan. Sebastian Bozon / AFPIlustrasi rambu batas kecepatan maksimal yang diperbolehkan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Jelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), mungkin sudah banyak orang yang merencanakan untuk berlibur. Sebelum berkendara jauh, perlu diingat kembali batas kecepatan di jalan tol.

Selain menjaga jarak, penting sekali untuk menjaga kecepatan, baik kecepatan minimal atau kecepatan maksimal. Sebab, tak sedikit kecelakaan di jalan tol yang terjadi karena melanggar aturan lalu lintas.

Baca juga: Kesiapan Tol Astra Infra Sambut Libur Panjang Nataru

"Batas kecepatan maksimal kendaraan di tol berbeda-beda, ada yang 60 kpj, 80 kpj, sampai 100 kpj," kata Jusri Pulubuhu, Founder & Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Jalur bebas hambatan gratis dan tanpa batas kecepatan Autobah di Jerman.Wikimedia Jalur bebas hambatan gratis dan tanpa batas kecepatan Autobah di Jerman.

Jusri menambahkan, pada tol dalam kota maksimal kecepatan yang direkomendasikan adalah 60 kpj sampai 80 kpj. Lalu, di ruas tol Jagorawi dan Jakarta-Cikampek, pada ruas tertentu bisa 100 kpj.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Aturan tersebut sudah dijelaskan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 79 Tahun 2013 tentang Jaringan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) pasal 23 ayat 4.

Baca juga: Persiapan Libur Nataru, Hindari Berkendara pada Jam Peralihan

Dalam aturan tersebut dituliskan bahwa batas kecepatan di jalan bebas hambatan atau tol paling rendah adalah 60 kpj sampai tertinggi 100 kpj.

Aturan mengenai batas kecepatan di jalan tol ini juga dipertegas lagi dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 111 Tahun 2015 tentang Tata Cara Penetapan Batas Kendaraan, tepatnya Pasal 3.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.