Posisi Berkendara Sepeda Motor yang Benar bagi Wanita

Kompas.com - 14/12/2020, 15:31 WIB
Safety riding cours bersama Astra Motor Yogyakarta AMYSafety riding cours bersama Astra Motor Yogyakarta

JAKARTA, KOMPAS.com - Sekarang ini, sudah banyak wanita yang mengandalkan sepeda motor untuk berkendara sehari-hari. Namun, tak sedikit yang paham bagaimana posisi berkendara yang benar saat di jalan raya.

Posisi berkendara yang benar dapat meningkatkan keamanan dan kenyamanan berkendara sehingga tak menimbulkan kecelakaan atau bahaya bagi diri sendiri dan orang lain.

Baca juga: Tips Wanita Agar Nyaman saat Boncengan Motor

Jusri Pulubuhu, Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), mengatakan, cara dan posisi wanita saat berkendara cenderung santai. Bahkan, masih banyak yang menggunakan sepatu hak tinggi saat berkendara.

Ilustrasi pelatihan safety riding / keselamatan berkendaraAMY Ilustrasi pelatihan safety riding / keselamatan berkendara

"Untuk motor jenis bebek yang memiliki pedal rem di bawah, ini bisa sangat mengganggu,” ujar Jusri Pulubuhu kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Menurut Jusri, masih banyak wanita yang tidak mengetahui posisi yang benar ketika membawa motor, mulai dari posisi badan, tangan, dan kaki.

Setidaknya ada sembilan tips berkendara sepeda motor yang ditekankan Jusri untuk para pengendara wanita.

Baca juga: Catat, Ragam Kesalahan yang Kerap Dilakukan Wanita saat Berkendara

1. Bergerak dengan Tepat

Tepat yang dimaksud adalah benar dan sesuai kondisi. Kadang kala pada lalu lintas yang padat, pergerakan bertahap dan terlalu pelan akan membahayakan orang lain dan tentunya diri sendiri.

2. Pengereman

Pengereman hanya dilakukan ketika situasinya terkendali. Ketika motor hanya sedang tegak lurus, tidak sedang menikung, tidak saat roda sedang menghajar lintasan rusak, dan tidak sedang berada di lintasan licin.

"Pengereman hanya dilakukan ketika situasi betul-betul sedang terkendali, tidak dilakukan kapan saja. Kadang kala pengereman sembarangan akan memperburuk kualitas masalah yang sedang dihadapi," kata Jusri.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X