Catat, Ragam Kesalahan yang Kerap Dilakukan Wanita saat Berkendara

Kompas.com - 17/10/2020, 09:22 WIB
Ilustrasi berkendara mobil SHUTTERSTOCKIlustrasi berkendara mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Wanita modern seperti sekarang ini sudah tidak lagi bergantung pada kaum pria, terutama saat beraktivitas sehari-hari. Bahkan sudah banyak kaum wanita yang mengemudi mobil sendiri untuk mobilitas mereka.

Jalan yang macet dan rentan membuat stres pun tidak menyurutkan mereka untuk berada dibalik kemudi kendaraan.

Kendati demikian, tidak sedikit pengemudi wanita yang masih melakukan berbagai kesalahan di jalan. Cara mengemudi yang dinilai sembarangan, atau kurangnya konsentrasi wanita saat mengemudi menjadi salah satu permasalahan yang sering dilakukan oleh wanita.

Baca juga: Hasil FP2 MotoGP Aragon, Vinales Asapi Quartararo

Director and Founder Real Driving Centre (RDC) Roslianna Ginting mengatakan setidaknya ada tiga kesalahan yang kerap dilakukan wanita saat berkendara.

1. Melakukan texting atau panggilan telepon

Ilustrasi berkendara sambil mengoperasikan ponsel.Caradvice.com.au. Ilustrasi berkendara sambil mengoperasikan ponsel.

Menurut Roslianna, kesalahan pertama yang kerap dilakukan pengemudi wanita adalah menggunakan telepon genggam saat berkendara.

“Hal ini tentu berbahaya, dikarenakan dapat terjadi distraksi sehingga menggangu konsentrasi terhadap area sekitar. Setiap 1 detik kondisi sekeliling kita itu berubah,” ujar Roslianna saat dihubungi Kompas.com, Jumat (16/10/2020).

2. Mengemudi sambil berdandan 

Lebih kurang 450.000 kecelakaan di Inggris akibat dari kelalaian pengemudi wanita yang menyetir sembari merias wajah selama perjalanan.DAILY MAIL Lebih kurang 450.000 kecelakaan di Inggris akibat dari kelalaian pengemudi wanita yang menyetir sembari merias wajah selama perjalanan.

Kesalahan yang kedua adalah, spion tengah dominan dipakai pengemudi wanita untuk berkaca atau berdandan saat di kemacetan atau lampu merah.

“Ini akan menyebabkan pengemudi tidak fokus dan cepat tanggap terhadap perubahan situasi lalu lintas,” kata Roslianna.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X