Harga Jual Tinggi, Xpander Bekas Lebih Dicari daripada Avanza

Kompas.com - 14/12/2020, 14:21 WIB
Tes drive Mitsubishi Xpander Tes drive Mitsubishi Xpander
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Low MPV masih menjadi segmen mobil paling digemari di Indonesia. Selain di pasar mobil baru, hal yang sama juga bisa terlihat pada penjualan mobil bekas.

Herjanto Kosasih, Senior Manager Bursa Mobil bekas WTC Mangga Dua, mengatakan, mobil bekas tujuh penumpang jadi yang paling banyak dicari pada 2020.

Biasanya Toyota Avanza maupun Daihatsu Xenia selalu konsisten jadi model yang banyak diminati. Hal ini membuat harga bekasnya stabil, sebab mobil ini mudah dijual kembali.

Baca juga: Fasilitas Pendukung Sirkuit Mandalika Tengah Disiapkan, Siap Beroperasi Pertengahan 2021

Pada tahun pertamanya, Toyota Avanza berhasil terjual 43 ribu unit.TAM Pada tahun pertamanya, Toyota Avanza berhasil terjual 43 ribu unit.

Namun kondisi berbeda terjadi pada tahun ini, duet Avanza-Xenia rupanya tidak menjadi model terlaris.

“Avanza dan Xenia masih cukup laris, tapi sekarang konsumen lebih banyak cari Xpander. Untuk tahun 2019, Xpander kondisi bagus masih bisa di atas Rp 200 jutaan,” ujar Herjanto, kepada Kompas.com (11/12/2020).

Harga jual kembalinya masih lebih tinggi, kalau Avanza dan Xenia di tahun yang sama sudah di bawah Rp 200 jutaan,” katanya.

Baca juga: [VIDEO] DFSK Bagi Tips Hadapi Tanjakan

Mobil bekas di WTC Mangga DuaKOMPAS.com/Aprida Mega Nanda Mobil bekas di WTC Mangga Dua

Herjanto menambahkan, konsumen mobil bekas dengan budget sekitar Rp 200 jutaan umumnya mengincar MPV seperti Kijang Innova, yang memiliki kenyamanan dan daya angkut lebih baik ketimbang Low MPV.

Tapi tak sedikit yang mengalihkan perhatiannya ke Xpander, yang memiliki desain lebih segar dan dianggap punya kenyamanan yang sama dengan Kijang Innova.

“Kalau budget Rp 100 jutaan itu banyak yang cari Avanza-Xenia atau Ertiga. Untuk yang tahun muda paling Calya dan Sigra,” ucap Herjanto.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X