Bos Suzuki Indonesia Bicara Soal Produksi Jimny di Cikarang

Kompas.com - 08/12/2020, 10:02 WIB
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Hingga saat ini, kepastian soal rencana PT Suzuki Indomobil Seles (SIS) untuk memproduksi Jimny di Indonesia, masih menjadi tanda tanya.

Bahkan meski belum ada keputusan resmi dari prinsipal, tapi beberapa waktu lalu justru ada kabar Maruti Suzuki di India yang bakal menjadi basis produksi SUV kompak legendarisnya tersebut.

Ketika menanyakan soal kepastian produksi Jimny, President Director PT SIS dan Suzuki Indomobil Motor (SIM) Seiji Itayama mengatakan, bila pihaknya masih mempelajari dan memikirkan rencana tersebut.

"Ini juga sudah banyak yang menanyakan, termasuk pemerintah. Kami selalu pelajari apakah mungkin bisa memproduksi (Jimny) secara lokal. Saya bisa sampaikan semua strategi yang kami lakukan harus dipikirkan secara global Suzuki," ucap Itayama dalam sesi virtual bersama media, Senin (7/12/2020).

Baca juga: Kemenperin Minta Suzuki Indonesia Setara dengan Jepang dan India

Suzuki Jimny di IIMS 2019 Suzuki Jimny di IIMS 2019

Lebih lanjut Itayama menjelaskan, meski pada dasarnya Suzuki di Indonesia bisa dan mampu untuk memproduksi Jimny, namun hal tersebut tetap tak memungkinkan tanpa dukungan Suzuki Jepang selaku prinsipal.

Karena itu, kata Itayama, untuk saat ini semua proses masih berjalan, termasuk tahapan diskusi untuk mendapatkan izin memproduksi Jimny di Tanah.

"Sambil kami melakukan membahas dengan Suzuki Motor Corporation (SMC), jika ada timming tepat, kami akan produksi. Untuk saat ini yang saya bisa sampaikan saat ini under study, jadi kalau waktunya tepat, kami akan produksi," ucap Itayama.

Baca juga: PSBB Transisi Diperpanjang Lagi, Apa Kabar Ganjil Genap?

Sebelumnya, terkait isu Maruti Suzuki di India akan memproduksi Jimny, Marketing Director 4W PT SIS Donny Saputra sudah angkat bicara yang mengatakan bila hal tersebut belum bisa dipastikan kebenarannya.

Suzuki Jimny Konsep di GIIAS 2019 Suzuki Jimny Konsep di GIIAS 2019

"Selama informasi bukan informasi resmi dari Suzuki Motor Corporation Jepang, kami akan sulit mengkonfirmasi kebenaran berita tersebut," ujar Donny beberapa waktu lalu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.