Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenperin Minta Suzuki Indonesia Setara dengan Jepang dan India

Kompas.com - 07/12/2020, 14:41 WIB
Stanly Ravel,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Memperingati setengah abad perjalanannya di Tanah Air, Suzuki Indonesia merayakan ulang tahun emas yang dihelat secara virtual, Senin (7/12/2020).

President Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) dan Suzuki Indomobil Motor (SIM) Seiji Itayama mengatakan, perayaan ulang tahun ke-50 ini sangat istimewa dan berarti bagi keluarga besar Suzuki Indonesia.

"Dari dulu sampai sekarang, kami terus berkarya dan berkomitmen memberikan produk-produk dan layanan berkualitas untuk masyarakat, sehingga saat ini Suzuki bisa menjadi salah satu merek otomotif terbaik di Indonesia," kata Itayama dalam seremoni virtual di saluran Youtube Suzuki, Senin (7/12/2020).

Sementara itu, Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat transportasi, dan Elektronika (Ilmate) Kementarian Perindustrian (Kemenperin) Taufik Bawazier mengatakan, dengan komitmen Indonesia untuk menjadi pilar ketiga dalam group Suzuki setelah Jepang dan India, diharapkan Suzuki Indonesia dapat meningkatkan volume produksi untuk pasar domestik dan ekspor lebih dari 45 persen.

Baca juga: PSBB Transisi Diperpanjang Lagi, Apa Kabar Ganjil Genap?

Tak hanya itu, Taufik juga berharap bila Suzuki Indonesia bisa menjadi mother plant, bukan hanya untuk jenis kendaraan MPV saja tapi juga niaga.

President Director PT Suzuki Indmobil Sales (SIS) dan Suzuki Indomobil Motor (SIM) Seiji ItayamaCapture Youtube President Director PT Suzuki Indmobil Sales (SIS) dan Suzuki Indomobil Motor (SIM) Seiji Itayama

"Saya juga berharap Suzuki dapat meningkatkan kualitas dan kapabilitas tenaga kerja nasional dengan cara melakukan transfer teknologi untuk memenuhi kebutuhan produksi dan design dan development," ucap Taufiek.

Suzuki memulai bisnis di Indonesia sejak 1970. Sampai dengan 2019 ini, Suzuki telah memproduksi lebih dari 11 juta unit sepeda motor dan 2,5 juta unit mobil dengan penyerapan komponen lokal rata-rata di atas 80 persen yang dipasok lebih dari 400 perusahaan komponen dalam negeri.

Untuk ekspor, Suzuki Indonesia juga telah melakukan kegiatan ekspor ke 85 negara dengan total volume lebih dari 1,2 juta unit. Seluruh kegiatan tersebut telah menciptakan lebih dari 5.000 lapangan kerja untuk masyarakat.

Suzuki XL7 rajai penjualan Low SUV pada Juli 2020SIS Suzuki XL7 rajai penjualan Low SUV pada Juli 2020

Tak hanya fokus kegiatan produksi dan manufaktur industri otomotif, Suzuki juga melaksanakan kewajiban melakukan berbagai kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai salah satu komitmen perusahaan.

Salah satunya seperti yang rutin dilaksanakan sejak 2014 adalah Clean Up the World, yang berupa kegiatan membersihkan lingkungan pantai dengan masyarakat sekitar.

Baca juga: Tukar Tambah Suzuki XL7 Dapat Diskon Tambahan Rp 4 Juta

Selain itu, Suzuki juga melakukan kegiatan CSR lain seperti donasi mobil untuk SMK-SMK yang dapat dijadikan bahan praktik dan pembelajaran, penanaman pohon, donasi ambulans, donasi bencana lam, dan berbagai kegiatan lainnya sebagai bentuk apresiasi Suzuki terhadap masyarakat Indonesia

Sales Promotion Girl (SPG) beragam merek roda dua ikut menyemarakkan pameran IMOS 2018Kompas.com/Setyo Adi Sales Promotion Girl (SPG) beragam merek roda dua ikut menyemarakkan pameran IMOS 2018

"Kami berterima kasih kepada seluruh pihak, terutama konsumen,yang selalu mendukung Suzuki hingga mampu menginjak usia ke-50 di Indonesia. Saya harap perayaan ini mampu membuat seluruh elemen perusahaan semakin solid agar tetap bisa memberikan kontribusi terbaik untuk Indonesia," ujar Itayama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com