Akhir Tahun, 5.000 Bus AKAP dan Pariwisata Jalani Inspeksi Keselamatan

Kompas.com - 07/12/2020, 10:22 WIB
Bus AKAP PO ANS Morodadi PrimaBus AKAP PO ANS

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan melakukan inspeksi keselamatan alias rampcheck pada 5.000 unit kendaraan baik bus antarkota antarprovinsi (AKAP) maupun bus pariwisata, serta kapal penyebrangan jelang libur akhir tahun.

Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi menyatakan, langkah tersebut diambil guna memastikan kendaraan umum laik digunakan pada masa libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

"Rampcheck akan dilakukan untuk bus maupun kapal penyebrangan. Untuk bus, kesiapan sarananya sebanyak 50.317 unit dan kapal penyebrangan 218 unit," kata Budi dalam siaran pers, Sabtu (5/12/2020).

Baca juga: Ini Mobil Bekas Incaran Mama Muda

Dirjen Perhubungan Udara Agus Santoso melakukan rampcheck penerbangan haji di Bandara Soekarno-Hatta, Rabu (25/7/2018)Dok. Humas Ditjen Hubud Dirjen Perhubungan Udara Agus Santoso melakukan rampcheck penerbangan haji di Bandara Soekarno-Hatta, Rabu (25/7/2018)

Selain itu, kesiapan prasarana juga dilakukan yakni kesiapan sebanyak 105 Terminal di 30 Provinsi serta 15 lintas SDP agar masyarakat yang ada di daerah dapat merayakan libur dengan tetap mengutamakan protokol kesehatan.

Budi menuturkan telah melakukan rapat koordinasi bersama pihak terkait dengan kesiapan pemerintah menjelang Nataru 2020/2021. Pemerintah akan fokus terhadap beberapa hal dalam periode libur akhir tahun ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Banyak Masyarakat Tidak Mudik, Kemenhub Tetap Siapkan Antisipasi

Pertama, peningkatan pengawasan operasional travel gelap. Lalu, peningkatan pengamanan ruas jalan dan rest area di tol Trans Sumatera.

Ketiga, antisipasi bencana berdasar perkiraan curah hujan tinggi pada Desember 2020 hingga akhir Februari 2021. Keempat, menyiagakan kendaraan alat berat Disaster Relief Unit (DRU) pada lokasi rawan bencana.

"Terakhir, mmemastikan kesiapan (kemantapan) infrastruktur baik jalan tol dan non tol dari Kementerian PUPR," kata Budi.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.