Viral Video Motor Bebek Lawas Bisa Berenang

Kompas.com - 06/12/2020, 15:21 WIB
Video viral motor bebek berenang Foto: Tangkapan layar akun Instagram Smart.gramVideo viral motor bebek berenang
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Umumnya motor akan mogok jika melewati genangan air terlalu tinggi. Penyebabnya bisa banyak, seperti busi basah atau air masuk ke ruang pembakaran.

Tapi hal itu tak berlaku buat Honda Astrea Prima yang videonya viral belum lama ini. Sang empunya membawa motornya ke dalam air dengan ketinggian hampir setara jok.

Sontak banyak netizen yang bingung karena biasanya dengan ketinggian air segitu mesin akan mati. Apalagi mesin motor yang disebut Honda CX5 di Malaysia itu bermesin tidur.

Baca juga: Bertemu Geng Motor Ugal-ugalan di Jalan Raya, Tegur Atau Hindari?

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by smartgram (@smart.gram)

 

Ada beberapa video yang diunggah di akun TikTok @abeyxsemakk. Semua memperlihatkan motor bisa "berenang" melewati genangan air yang tampak seperti rawa. Belum diketahui lokasinya.

Dalam video terakhir yang diunggah empat hari lalu atau sekitar Rabu (2/12/2020), tampak motor sudah dimodifikasi. Terlihat ada pipa seperti snorkel di bagian kanan yang mencuat ke atas.

Pipa tersebut ditengarai tersambung dengan karburator. Sehingga piranti tersebut tetap bisa mendapat pasokan udara meski mesin dan knalpot terendam air.

Meski videonya menghibur pengendara motor sebaiknya tidak mencobanya. Sebab motor jalan raya memang tidak dirancang untuk menerabas air yang terlalu tinggi.

Baca juga: Batas Tinggi Banjir yang Bisa Dilalui Motor dengan Aman

@abeyxsemakk

#menei alik petei ????

? original sound - Amalia muchtar

 

Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM) Endro Sutarno mengatakan, ada batas maksimum genangan air yang dalam kondisi normal mampu dilewati motor.

“Selama tinggi air masih di bawah ujung knalpot, masih aman untuk motor. Tinggi banjir yang aman untuk motor bisa dilihat dari bisa tidaknya banjir itu dilewati oleh motor,” ucap Endro kepada Kompas.com.

Sering menerabas genangan air pun berisiko. Air dapat masuk ruang bakar. Merusak oli mesin dan jika dibiarkan akan menimbulkan karat serta merusak komponen lain.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X