Joan Mir Sebut MotoGP Austria 2020 Jadi Titik Baliknya

Kompas.com - 06/12/2020, 18:01 WIB
Joan Mir saat berlaga di MotoGP Valencia. (Photo by LLUIS GENE / AFP) LLUIS GENEJoan Mir saat berlaga di MotoGP Valencia. (Photo by LLUIS GENE / AFP)

JAKARTA, KOMPAS.com - Pebalap Suzuki Ecstar Joan Mir mengaku menjadi lebih tenang untuk menjalani balapan setelah meraih podium kedua di Sirkuit Red Bull Ring Austria.

MotoGP Austria sendiri merupakan seri keempat pada musim 2020. Sebelum meraih podium tersebut, perfoma Joan Mir tidak konsisten bahkan mengalami dua kali gagal finish.

Kegagalan tersebut membuat pebalap berusia 23 tahun itu bertekad untuk menekan diri agar bisa meraih podium pada balapan keempat musim ini, yaitu MotoGP Austria 2020. Hasilnya, ia berhasil finish di posisi kedua setelah Andrea Dovizioso.

Baca juga: Bertemu Geng Motor Ugal-ugalan di Jalan Raya, Tegur atau Hindari?

Berkat hasil dari penampilannya di MotoGP Austria, perfoma Joan Mir kemudian meningkat drastis. Dirinya berhasil untuk tampil konsisten dan meraih tujuh podium hingga menyabet gelar juara dunia MotoGP 2020.

Joan Mir mengunci gelar juara dunia MotoGP 2020 setelah finish peringkat ketujuh di MotoGP Valencia, Minggu (15/11/2020).AFP/LLUIS GENE Joan Mir mengunci gelar juara dunia MotoGP 2020 setelah finish peringkat ketujuh di MotoGP Valencia, Minggu (15/11/2020).

"Rasanya aneh merayakan gelar saya sekarang, setelah balapan pertama musim 2020 ini, saya jauh di belakang pembalap teratas dalam klasemen sementara. Musim ini bergulir tanpa henti dengan begitu banyak putaran, jadi saya belum benar-benar tenggelam” ujar Mir dikutip dari Crash, Minggu (6/12/2020).

Pebalap asal Spanyol itu akhirnya bertekad untuk melepaskan tekanan dari pundaknya di MotoGP Austria 2020. Oleh sebab itu, balapan keempat musim 2020 itu sangat berkesan bagi Mir.

Baca juga: Volta Siapkan Motor Listrik Roda Tiga Pengangkut Barang

“Austria tahun ini adalah titik balik yang nyata. Saya benar-benar menekan diri saya sendiri untuk mendapatkan podium dan semua itu akhirnya dilepaskan ketika berdiri di podium itu. Sangat melegakan,” kata Mir.

Setelah saya membuktikan kemampuannya di MotoGP Austria, Joan Mir mengaku menjadi lebih rileks dan seimbang ketika balapan di lintasan.

“Jika Anda meminta sebuah saran kesuksesan, saya akan mengatakan bahwa saya selalu menetapkan target dan tidak pernah merasa cukup untuk mengejar tujuan saya,” ucapnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X