Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Akhir Tahun, 5.000 Bus AKAP dan Pariwisata Jalani Inspeksi Keselamatan

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan melakukan inspeksi keselamatan alias rampcheck pada 5.000 unit kendaraan baik bus antarkota antarprovinsi (AKAP) maupun bus pariwisata, serta kapal penyebrangan jelang libur akhir tahun.

Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi menyatakan, langkah tersebut diambil guna memastikan kendaraan umum laik digunakan pada masa libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

"Rampcheck akan dilakukan untuk bus maupun kapal penyebrangan. Untuk bus, kesiapan sarananya sebanyak 50.317 unit dan kapal penyebrangan 218 unit," kata Budi dalam siaran pers, Sabtu (5/12/2020).

Selain itu, kesiapan prasarana juga dilakukan yakni kesiapan sebanyak 105 Terminal di 30 Provinsi serta 15 lintas SDP agar masyarakat yang ada di daerah dapat merayakan libur dengan tetap mengutamakan protokol kesehatan.

Budi menuturkan telah melakukan rapat koordinasi bersama pihak terkait dengan kesiapan pemerintah menjelang Nataru 2020/2021. Pemerintah akan fokus terhadap beberapa hal dalam periode libur akhir tahun ini.

Pertama, peningkatan pengawasan operasional travel gelap. Lalu, peningkatan pengamanan ruas jalan dan rest area di tol Trans Sumatera.

Ketiga, antisipasi bencana berdasar perkiraan curah hujan tinggi pada Desember 2020 hingga akhir Februari 2021. Keempat, menyiagakan kendaraan alat berat Disaster Relief Unit (DRU) pada lokasi rawan bencana.

"Terakhir, mmemastikan kesiapan (kemantapan) infrastruktur baik jalan tol dan non tol dari Kementerian PUPR," kata Budi.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/12/07/102200715/akhir-tahun-5.000-bus-akap-dan-pariwisata-jalani-inspeksi-keselamatan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke