Apakah Ban Run Flat Tire Bisa Ditambal?

Kompas.com - 06/12/2020, 10:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Teknologi run flat tire (RFT) dibuat agar ketika ban kehilangan tekanan udaranya, mobil tetap bisa digunakan ke bengkel terdekat. Berbeda dengan ban biasa yang ketika kempis, tidak bisa dipakai jalan.

Ada yang mengatakan kalau kebanyakan RFT akan sulit diperbaiki jika sudah bocor. Kalaupun harus ganti, harga RFT lebih mahal jika dibanding ban biasa. Lalu apa benar RFT sulit untuk diperbaiki?

On Vehicle Test Manager PT Gajah Tunggal Tbk., Zulpata Zainal mengatakan, untuk beberapa model RFT ada yang sulit untuk diperbaiki. Namun untuk generasi terbaru atau terakhir, masih bisa diperbaiki.

Baca juga: Seperti Mobil, Bus Baru Keluar dari Karoseri Juga Ada Garansinya

tambal ban tubelessKompas.com/Fathan Radityasani tambal ban tubeless

“Beberapa tipe RFT yang terakhir bisa diperbaiki, asal kondisinya belum terlalu banyak dijalankan,” ucap Zulpata kepada Kompas.com, Sabtu (5/12/2020).

Untuk perbaikannya hampir sama dengan ban tubeless jika kebocorannya di bagian telapak. Kalau di dinding atau sidewall, harus pakai tambalan yang agak tebal, karena RFT sidewallnya tebal.

“Kalau generasi yang awal, teknologinya belum sampai, jadi sulit diperbaiki. Sedangkan yang baru, di sidewall nya seperti ada pendingin, istilahnya cooling fin,” kata Suparna.

Baca juga: Modifikasi yang Sering Dilakukan Namun Tidak Disarankan Karoseri Bus

Rim & Tire Consultant dan Wakil Ketua Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) Jawa Tengah dan DI Yogyakarta, Bambang Widjanarko mengatakan, saat memakai RFT tanpa tekanan udara, peleknya juga harus diperhatikan.

“Pastikan bahwa pelek tidak mengalami kerusakan, berubah bentuk dan tidak center. Pelek yang rusak harus diganti terlebih dahulu sebelum memasang RFT yang baru,” kata Bambang kepada Kompas.com.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.