Modifikasi yang Sering Dilakukan Namun Tidak Disarankan Karoseri Bus

Kompas.com - 04/12/2020, 18:17 WIB
Bus AKAP lampu variasi youtubeBus AKAP lampu variasi

JAKARTA, KOMPAS.comModifikasi pada bus di Indonesia saat ini memanglah banyak. Jika dahulu sempat tenar klakson telolet, modifikasi yang saat ini sedang tren dipasang pada bus-bus yaitu lampu variasi.

Lampu variasi ini biasanya memenuhi seluruh sisi bus, misalnya di bagian depan pakai strobo, di samping ada under glow dan di belakang ada di kisi-kisi kap mesin. Modifikasi lampu ini memang membuat bus menarik untuk dilihat.

Namun ternyata, modifikasi lampu variasi ini tidak disarankan oleh karoseri yang membuat bodi bus. Karena karoseri sendiri sudah mendesain bagaimana sistem kelistrikan pada satu bus yang diproduksi.

Baca juga: Masih Gagah, Harga 6 SUV Bekas Ini Cuma Rp 50 Jutaan

Bus AKAP lampu variasiPikdo Bus AKAP lampu variasi

Export Manager karoseri Laksana, Werry Yulianto mengatakan, penambahan lampu-lampu strobo kemudian audio yang melebihi kapasitas bisa membuat kelistrikan bus korsleting bahkan menimbulkan percikan api.

“Kabel di bus itu kan ada batasan dayanya, begitu juga konverter dan inverternya. Kalau ditambah lampu-lampu dan jadi overload, ya bisa kebakar atau sekering putus,” ucap Werry kepada Kompas.com, Kamis (3/12/2020).

Namun jika kostumer minta tolong karoseri untuk dipasangkan lampu-lampu ini, bisa disiapkan. Werry mengatakan, karoseri akan melakukan routing cable ulang sehingga sistem kelistrikannya aman.

Baca juga: Langka, Yamaha F1ZR Marlboro Edition Laku Rp 55 Juta

“Namun jika minta dipasangkan lampu variasi ini, tidak termasuk garansi electrical dari karoseri,” kata Werry.

Begitu juga yang dikatakan Sales Staff karoseri Tentrem, Dimas Raditya. Dimas mengatakan jika kostumer melakukan modifikasi sendiri pada busnya, lalu melakukan modifikasi, garansinya sudah pasti hangus.

“Kalau ada masalah karena modifikasi dan dikembalikan ke karoseri, enggak dihitung garansi. Jadi hitungannya sebagai perbaikan,” kata Dimas kepada Kompas.com.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X