Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Yamaha Unggulkan Power to Weight Ratio pada All New Aerox 155

Kompas.com - 05/12/2020, 09:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada skutik kelas 150 cc, Yamaha All New Aerox 155 Connected disebut memiliki power to weight ratio (PWR) terbaik di kelasnya. PWR sendiri sangat berpengaruh terhadap performa dan akselerasi motor.

PWR sendiri merupakan perbandingan rasio antara bobot motor dengan tenaga atau power yang dihasilkan oleh mesin. Bobot motor yang ringan dipadukan dengan tenaga yang besar akan menghasilkan PWR yang baik.

Baca juga: Honda All New Airblade 150 Meluncur, Cocok Lawan Aerox

Semakin baik PWR-nya, maka motor akan memiliki akselerasi yang lebih responsif ketika diajak bermanuver dan mudah dalam mencapai top speed.

Galang Hendra mencoba kebolehan Yamaha All New Aerox 155 di Sirkuit Sentul Karting, BogorIstimewa Galang Hendra mencoba kebolehan Yamaha All New Aerox 155 di Sirkuit Sentul Karting, Bogor

All New Aerox 155 Connected dibekali dengan mesin Bluecore 155 cc, berpendingin cairan, dan sudah dilengkapi teknologi VVA. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimum hingga 11,3 kW pada 8.000 rpm dan torsi maksimum sebesar 13,9 Nm pada 6.500 rpm.

Dengan berat isi mencapai 125 kg, skutik bongsor ini memiliki PWR terbaik di kelasnya. Jika dibagi tenaga dengan bobotnya, akan mendapat angka 0,09 kW/kg. Semakin mendekati angka satu, berarti semakin baik PWR-nya.

Baca juga: Komentar Galang Hendra Setelah Tes All New Aerox 155 di Sirkuit

Hal tersebut sesuai dengan penuturan Galang Hendra Pratama, pebalap Yamaha Racing Indonesia (YRI) yang sempat menjajal performa All New Aerox 155 Connected di lintasan Sentul International Karting Circuit beberapa waktu lalu.

“PWR sangat penting sekali pengaruhnya terhadap performa motor untuk mencapai ke top speed-nya. Motor dengan PWR yang baik akan memiliki akselerasi yang linear atau terus meningkat ketika masuk ke putaran tengah hingga atas, jadi motor akan terasa lebih responsif. Dan keunggulan ini dimiliki oleh All New Aerox 155 Connected,” ujar Galang, dalam keterangan resmi Yamaha.

Honda Vario 150 yang bodinya terlihat lebih ramping dari Aerox, ternyata PWR-nya tidak lebih baik. Vario 150 memiliki tenaga 9,7 kW dan bobot 112 kg, PWR yang dihasilkan hanya 0,08 kW/kg.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com