Siap Dirilis, Hyundai Gunakan Platform Baru untuk Mobil Listrik

Kompas.com - 03/12/2020, 13:41 WIB
Hyundai memperkenalkan produk terbarunya, yakni Hyundai IONIQ Electric untuk mendukung kendaraan yang ramah lingkungan di Indonesia. Dok. Hyundai Motor CompanyHyundai memperkenalkan produk terbarunya, yakni Hyundai IONIQ Electric untuk mendukung kendaraan yang ramah lingkungan di Indonesia.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Hyundai Motor Group akan memperkenalkan platform baru khusus untuk kendaraan listrik berbasis baterai (battery electric vehicle/BEV) pada 2021 mendatang.

Dinamakan Electric-Global Modular Platform (E-GMP), teknologi ini nantinya akan digunakan sebagai inti bagi jajaran mobil listrik generasi berikutnya dari Hyundai Group (Hyundai dan KIA), termasuk Ioniq 5.

"Melalui E-GMP berbasis roda belakang, kami memperluas posisi kepemimpinan teknologi Hyundai ke dalam segmen di mana pelanggan menuntut dinamika berkendara yang sangat baik dan efisien," kata Albert Biermann, Presiden dan Kepala Divisi Litbang Hyundai Motor Group dilansir Reuters, Kamis (3/12/2020).

Baca juga: Dampak Buruk Jika Ban Mobil Dibiarkan Kempis Terlalu Lama

Ilustrasi pabrik Hyundai di Ulsan, Korea Selatanenglish.visitkorea.or.kr Ilustrasi pabrik Hyundai di Ulsan, Korea Selatan

Didesain secara ekslusif untuk BEV, E-GMP disebut mampu memberikan berbagai keunggulan dibandingkan platform yang sudah ada, khususnya mengenai akomodasi mesin pembakaran internal.

Manfaatnya meliputi peningkatan fleksibilitas pengembangan, performa berkendara yang bertenaga, jarak berkendara yang lebih jauh, fitur keselamatan diperkuat, dan lebih banyak ruang interior untuk penumpang serta bagasi.

Baca juga: Lokasi Uji Tipe Hasil Konversi Motor Listrik Tidak Sentralisasi

Produsen asal Korea Selatan ini mengklaim, mobil listrik berbasis E-GMP nantinya bisa menempuh jarak 500 kilometer (310 mil) atau lebih dengan sekali pengisian daya, alias 23 persen lebih baik dari Kona EV.

"E-GMP adalah puncak dari penelitian dan pengembangan selama bertahun-tahun dan menyatukan teknologi kami yang paling mutakhir. Jajaran BEV kami akan berkembang dan diperkuat oleh platform baru ini," ujar Fayez Abdul Rahman, Wakil Presiden Senior Pusat Pengembangan Arsitektur Kendaraan untuk Hyundai Motor Group.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X