Bus Baru Gaya Eropa, Buatan Karoseri Asal Bandung

Kompas.com - 03/12/2020, 12:41 WIB
Bus baru Stadabus Coach Enterprise Muhammad Alif NaufalBus baru Stadabus Coach Enterprise

JAKARTA, KOMPAS.com – Tepat di hari Rabu (2/12/2020) tersebar gambar bus baru di Instagram yang cukup unik. Bus baru ini memiliki tampilan yang seperti bus Eropa dan ternyata bus ini buatan karoseri baru di Bandung.

Nama model bodinya yaitu Coach Enterprise buatan karoseri Stadabus di Bandung. Untuk secara tampilan keseluruhan, memang mengambil konsep bus Eropa.

Bisa dilihat dari bagian depannya dengan headlamp atau lampu utama yang memiliki desain unik.

Marketing karoseri Stadabus, Muhammad Alif Naufal mengatakan, model yang dipilih pemilik karoseri Stadabus memang menginginkan bus bernuansa Eropa.

Ini dimaksudkan agar Stadabus memiliki desain yang berbeda dari bodi-bodi bus yang beredar di jalanan Indonesia.

Baca juga: Kenali Perbedaan SPBU Pertamina dengan Kode 31 dan 34 di Depan

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bus baru Stadabus Coach EnterpriseMuhammad Alif Naufal Bus baru Stadabus Coach Enterprise

“Beliau membuat karoseri bus dengan nuansa Eropa karena sering melihat bus-bus Eropa yang terkesan mewah dan gagah,” ucap Alif kepada Kompas.com, Rabu (2/12/2020).

Selain itu, desain dari bus ini juga memadukan konsep zaman dahulu dan era modern. Konsep zaman dulu bisa dilihat dari headlightnya yang tidak mengikuti tren memakai day-time running light (DRL). Sedangkan sisi modernnya ada di bentuk bodinya.

“Konsep zaman dahulu ada di lampu dan dipadukan dengan bentuk bodi yang kekinian ditambah dengan lekukan-lekukannya yang tajam,” kata Alif.

Baca juga: Ini 14 Provinsi yang Bebaskan Denda Pajak Kendaraan Jelang Akhir 2020

Louver AC busMuhammad Alif Naufal Louver AC bus

Desain bus ini juga menggunakan model kaca double glass atau kaca ganda dengan sekat yang tipis.

Baca juga: Honda Brio Jadi Mobil Terbaik Anak Muda di Indonesia

Kemudian untuk di sisi samping, Coach Enterprise ini tidak memiliki selendang sehingga pandangan ke samping dari kabin tidak terhalang.

“Untuk dimensi busnya, kurang lebih setara dengan HDDnya Adiputro. Kemudian di kabin tidak terlalu jauh berbeda, namun memakai louver AC versi Stadabus yang berbeda dari lainnya,” ucapnya.

Untuk kapasitasnya, ada 47 kursi buatan Aldila Seat yang disusun dua kanan dan dua kiri (2-2).

Untuk saat ini baru ada satu unit yang dimiliki oleh Marjaya Trans, selain itu Stadabus juga sudah membuka pesanan bagi PO bus yang berminat.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X