Lokasi Uji Tipe Hasil Konversi Motor Listrik Tidak Sentralisasi

Kompas.com - 03/12/2020, 09:42 WIB
Motor Listrik Modifikasi di IEMS 2019 KOMPAS.com/GilangMotor Listrik Modifikasi di IEMS 2019

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah sudah mengeluarkan aturan mengenai konversi motor bensin menjadi motor listrik. Lewat peraturan ini diharapkan dapat mempercepat tren kendaraan listrik.

Dalam Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor 65 Tahun 2020, disebutkan bengkel dan mekanik harus punya sertifikasi, kemudian motor yang dikonversi juga mesti uji tipe.

Baca juga: Aturan Konversi Motor Listrik Mempersulit Bengkel UMKM

Vespa tahun 1982 yang diubah jadi motor listrik di Bangka, Senin (26/10/2020).KOMPAS.com/HERU DAHNUR Vespa tahun 1982 yang diubah jadi motor listrik di Bangka, Senin (26/10/2020).

Direktur Sarana Transportasi Jalan, Ditjen Perhubungan Darat, Kemenhub Pandu Yunianto mengatakan, lokasi uji tipe motor hasil konversi akan ditetapkan oleh Dirjen Perhubungan Darat.

"Itu nanti dilihat populasi yang terbanyak di mana. Karena itu disebutkan pelaksanaan unit pengujian ditetapkan oleh Dirjen Perhubungan Darat, jadi tidak mesti harus dilakukan di unit pengujian Bekasi," kata Pandu kepada Kompas.com, belum lama ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Alasannya, kata Pandu, motor konversi merupakan produk yang sifatnya pribadi bukan produk massal. Sehingga proses uji tipe akan berbeda dengan motor yang baru meluncur.

Baca juga: Viar Optimistis Gelombang Konversi Motor Listrik Minim Pengaruh

Motor Listrik Modifikasi IEMS 2019KOMPAS.com/Gilang Motor Listrik Modifikasi IEMS 2019

"Karena ini sifatnya akan per unit bukan massal. Kalau uji tipe baru yang diuji ialah prototipenya, sedangkan konversi ini kendaraan yang sudah ada jadi sifatnya individual," kata Pandu.

"Karena sifatnya individual, kalau semuanya dipaksa ke Bekasi, yang tinggal di Papua bagaimana? jadi tidak mesti dilakukan di Bekasi. Tapi nanti akan ditunjuk oleh Dirjen, mungkin cukup dilakukan di unit pengujian berkala di Kabupaten atau Kota," katanya.

Saat ini Kemenhub punya Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJSKB) Cibitung, Bekasi, Jawa Barat, untuk melakukan pengujian tipe kendaraan bermotor.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.