Ducati Lahirkan Generasi Terbaru Monster, Harga Mulai Rp 168 Jutaan

Kompas.com - 03/12/2020, 08:02 WIB
Generasi terbaru Ducati Monster Andrea SottanaGenerasi terbaru Ducati Monster

JAKARTA, KOMPAS.com - Jelang akhir tahun 2020, Ducati meluncurkan beberapa produk terbaru. Salah satunya adalah generasi terbaru dari Monster.

Tak bisa dipungkiri, Ducati Monster sudah menjadi motor yang ikonik dari Italia. Naked bike yang satu ini hadir untuk menggantikan keberadaan Monster 821 dan Monster 797. Ducati mulai menyederhanakan namanya menjadi Monster.

Baca juga: Ducati Diavel 1260 Lamborghini Meluncur, Hanya 630 Unit di Dunia

Tampilannya semakin modern dibanding model sebelumnya. Bisa dibilang, ubahan yang dilakukan Ducati cukup drastis pada Monster.

Generasi terbaru Ducati MonsterAndrea Sottana Generasi terbaru Ducati Monster

Komponen yang khas seperti rangka trellis dan single-sided swingarm dihilangkan. Namun, tetap ada beberapa bagian yang dipertahankan, seperti lampu depan berbentuk oval, fairing telanjang, hingga dua knalpot di sisi kanan.

Generasi terbaru Ducati MonsterAndrea Sottana Generasi terbaru Ducati Monster

Ducati mengandalkan mesin Desmodromic Testastretta 11 derajat, 2-silinder, berkapasitas 937 cc pada generasi terbaru Monster ini.

Tenaga dan torsinya meningkat dibanding generasi sebelumnya. Mesin tersebut menghasilkan tenaga maksimum hingga 110 tk dan torsi maksimum mencapai 93 Nm. Mesinnya juga sudah lolos uji emisi Euro 5.

Baca juga: Ducati Kembangkan Seamless Shift Gearbox untuk Motor Jalanan

Generasi terbaru Ducati MonsterAndrea Sottana Generasi terbaru Ducati Monster

Dari segi bobot, Ducati berhasil memangkas bebannya cukup banyak. Mulai dari penggunaan rangka depan yang sama dengan motor superbike Panigale V4, subframe dari glass fiber reinforced polymer (GFRP), hingga swingarm dan peleknya. Bobotnya kini menjadi 180 kg.

Generasi terbaru Ducati MonsterANDREA SOTTANA Generasi terbaru Ducati Monster

Bahkan, mesin 937 cc ini juga lebih ringan dibandingkan mesin sebelumnya yang berkapasitas 821 cc.

Meski Ducati Monster dilahirkan menjadi motor Ducati paling terjangkau, tapi pabrikan asal Italia tersebut tidak mengesampingkan soal fitur dan teknologinya.

Generasi terbaru Ducati MonsterPIETRO_BIANCHI Generasi terbaru Ducati Monster

Ducati Monster dibanderol 11.895 dolar AS atau sekitar Rp 168 jutaan untuk model standar. Sedangkan Monster+, harganya 12.195 dolar AS atau sekitar Rp 172 jutaan.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X