Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Akhir Tahun, Harga Mobil Bekas Mulai Naik

Kompas.com - 30/11/2020, 16:21 WIB
Ari Purnomo,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjelang akhir tahun peminat mobil bekas terus mengalami peningkatan.

Banyaknya masyarakat yang akan menghabiskan waktu libur akhir tahun dengan mudik atau pun berekreasi menjadi salah satu penyebabnya.

Kenaikan penjualan mobil bekas ini pun turut membuat harganya juga mengalami kenaikan berkisar antara Rp 5 juta hingga Rp 10 juta.

Senior Manager Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua Herjanto Kosasih mengatakan, peningkatan penjualan mobil seken sudah dirasakan sejak November ini.

Baca juga: Ditilang, SIM Juga Bisa Dicabut Ini Aturannya

“Dibandingkan dengan bulan sebelumnya, bulan ini sudah dirasakan kenaikan penjualan mobil. Untuk bulan ini ada lebih kurang 2.000 unit yang terjual,” kata Herjanto kepada Kompas.com, Minggu (29/11/2020).

Mobil bekas di WTC Mangga DuaKOMPAS.com/Aprida Mega Nanda Mobil bekas di WTC Mangga Dua

Herjanto menambahkan, peningkatan penjualan mobil setengah pakai ini akan terus mengalami kenaikan hingga akhir tahun mendatang.

Dengan adanya peningkatan ini, otomatis membuat harga jual mobil bekas juga mengalami kenaikan di pasaran.

“Karena banyaknya peminat mobil bekas, sementara stok juga mulai terbatas harga tentunya ikut naik. Kenaikannya antara Rp 5 juta hingga Rp 10 juta dibandingkan sebelumnya,” ucapnya.

Baca juga: Pelajar Bawa Motor ke Sekolah Tanpa SIM, Ini Sanksinya

Untuk momen akhir tahun ini, Herjanto mengatakan, konsumen lebih cenderung memilih mobil bekas tipe Multi Purpose Vehicle (MPV).

Hal ini karena tipe mobil tersebut paling sesuai digunakan di momen libur akhir tahun ini.

“Yang paling dicari jelas yang seven seater, kabin luas, harga murah dan pilihannya tentunya MPV lah, kalau city car tidak begitu,” ujarnya.

Mobil bekas di WTC Mangga DuaKOMPAS.com/Aprida Mega Nanda Mobil bekas di WTC Mangga Dua

Hal yang sama juga dikatakan, Presiden Direktur Mobil88 Halomoan Fischer. Fischer mengatakan, peningkatan penjualan mobil seken sudah mulai dirasakan para pedagang.

“Peningkatan ini sejak adanya kepastian batalnya pajak nol persen oleh pemerintah. Jadi konsumen yang sebelumnya memilih menunggu akhirnya membeli mobil sekarang,” katanya.

Baca juga: Catat, Ini Syarat dan Biaya Mengurus SIM yang Hilang

Fischer juga memperkirakan, di akhir tahun penjualan mobil bekas akan meningkat dibandingkan bulan-bulan biasanya.

“Kalau di tahun-tahun sebelumnya peningkatan penjualan mobil bekas di akhir tahun itu antara 15 persen hingga 20 persen, tapi untuk tahun ini kan berbeda. Saya tidak berharap seperti tahun-tahun sebelumnya,” tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com