Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/11/2020, 09:22 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap pengendara sepeda motor diwajibkan untuk menggunakan helm. Pemilihan helm disarankan yang nyaman di kepala.

Bicara soal kenyamanan, untuk sebagian pengendara atau rider yang berkacamata, menjadi kendala tersendiri saat menggunakan helm. Khususnya, helm full face. Sebab, umumnya desain helm diciptakan universal dan bagi orang dengan fisik normal.

Baca juga: Beli Helm Mahal tapi Bekas, Jangan Kompromi Soal Safety

Antonius Rangga, pemilik gerai perlengkapan berkendara RC Motogarage, mengatakan, tiap pabrikan pasti bikin helm dengan bentuk yang ideal. Tapi, bentuk kepala orang itu beda-beda.

Promo Helm Full Face di IMOS 2018KOMPAS.com / Aditya Maulana Promo Helm Full Face di IMOS 2018

"Untuk pengendara yang berkacamata, sebaiknya pilih helm yang memang khusus. Helm-helm sekarang juga sudah ada yang menyediakan khusus untuk pengendara berkacamata," ujar Rangga, saat ditemui di gerainya di bilangan Cilandak, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Rangga menambahkan, saat mencoba helm dan kacamatanya sedikit terangkat atau terlalu menekan kepala, berarti helm tersebut tidak cocok. Rangga pun menyarankan untuk ganti helm lain.

Baca juga: Pentingnya Visor pada Helm Motor, Baik Model Full Face atau Half Face

"Sebaiknya ganti helmnya, cari ukuran lain atau ganti kacamatanya. Intinya, cari helm yang benar-benar nyaman di kepala," kata Rangga.

Sekarang ini, beberapa produsen helm sudah memiliki bentuk busa yang mempunyai rongga khusus untuk kacamata. Sehingga, rider yang berkacamata bisa tetap menggunakan fitting helm yang pas tanpa mengurangi kenyamanan dan keamanan dari helm tersebut.

Label dengan gambar kacamata pada bagian dalam helmKYT Label dengan gambar kacamata pada bagian dalam helm

Bisa dilihat pada bagian dalam helm, biasanya terdapat label dengan gambar kacamata di bagian samping.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com