Selisik Skuter Listrik Baru Kymco F9 yang Sporty

Kompas.com - 27/11/2020, 09:42 WIB
Kymco F9 Foto: IstimewaKymco F9


TAIPEI, KOMPAS.com - Kymco merilis tiga skutik baru untuk pasar global yaitu Kymco F9, DT X360 dan KRV. Dari ketiganya, Kymco F9 merupakan skutik listrik baru dengan desain sporty.

Kymco mengatakan F9 lahir untuk menggairahkan tren kendaraan elektrifikasi. Sebab saat ini sudah banyak motor listrik yang meluncur, tapi nyatanya belum banyak diterima pasar.

Alasannya ialah banyak tampilan motor listrik kurang menarik, kemudian performanya juga kurang mumpuni. Sedangkan ''jualan'' konsep ramah lingkungan bukan hal yang baru. 

Kymco F9Foto: Istimewa Kymco F9

"Karenanya F9 dirancang untuk memberikan pengalaman berkendara yang sensasional yang mengubah persepsi orang pada motor listrik," tulis Kymco dalam keterangan resmi, Kamis (26/11/2020).

Baca juga: Kymco X-Town 250i Dapat Dua Warna Baru, Harga Naik Rp 2 Juta

Kymco F9 punya desain yang sangat sporty. Jika saat ini skuter listrik banyak mengambil bentuk lucu dan imut, maka motor dengan bobot 107 kg ini datang dengan desain agresif.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kymco F9Foto: Istimewa Kymco F9

Dua lampu depan yang terpisah mengiyaratkan tatapan mata tajam. Kemudian bodi dari tengah sampai belakang ramping dan banyak sudut tajam. Kaki-kaki pakai pelek warna emas.

Kemudian setangnya model telanjang. Suspensi belakang monoshock membuat auranya lebih racy. Ground clereance tinggi mampu melewati kondisi jalan buruk.

Kymco F9Foto: Istimewa Kymco F9

Kymco F9 memakai pelek lingkar 14 inci, rem depan dan belakang sudah cakram, berat 107 kg dan tinggi jok 790 mm.

Baca juga: Spesifikasi Kymco X-Town 250i

Beralih ke bagian teknis. Kymco F9 mengusung motor listrik DC dengan daya 9,4 kW yang mampu menghasilkan torsi 30 Nm. Tenaga disuplai pakai baterai 40 Ah.

Kymco mengklaim motor mampu berakselerasi dari 0-50 kpj hanya dalam tiga detik. Serta meraih kecepatan tertinggi 110 kpj.

Kymco F9Foto: Istimewa Kymco F9

Selain itu Kymco mengklaim bahwa F9 merupakan motor listrik pertama di dunia yang menggunakan girboks listrik dengan dua tingkat percepatan.

Saat baterai terisi penuh, F9 dapat dikendarai sejauh 120 km. Jika memakai fast charging pengisian baterai dari nol sampai penuh butuh waktu 2 jam.

Specifications Kymco F9

Motor Type: Brushless DC Motor
Power (Max): 9.4 kW
Torque: 30 Nm
Battery Type: Lithium-ion
Capacity: Fixed Battery: 96V / 40Ah
Battery Weight (kg): 17
Curb Weight (kg): 107
Length x Width x Height (mm): 1831 x 714 x 1085
Seat Height (mm): 790
Wheelbase (mm): 1236
Front Wheel Size: 110/80-14
Rear Wheel Size: 140/70-14
Wheel Material: Aluminum Alloy
Front Suspension: Telescope
Rear Suspension: Unit Swingarm
Front Brake System: Disk
Rear Brake System: Disk

 



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X