Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Valentino Rossi Disebut Sudah Tidak Layak Balapan

Kompas.com - 26/11/2020, 16:01 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pebalap veteran Yamaha Valentino Rossi memutuskan untuk berhenti membela tim pabrikan dan membela tim satelit Petronas Yamaha SRT pada MotoGP 2021 mendatang.

Meski santer kabar terdengar dirinya akan pensiun, pada kenyataannya The Doctor masih enggan untuk menggantung helmnya dan tetap membalap untuk musim depan.

Menanggapi keputusan tersebut, pengamat MotoGP Calro Pernat mengatakan, Valentino Rossi seharusnya sudah keluar dari MotoGP alih-alih bertahan dengan turun ke tim satelit.

Baca juga: Promo Wuling, Gratis Servis Hingga Cicilan 0 Persen

Menurut Pernat, alasannya sudah jelas usianya semakin tua dari tahun ke tahun hal itu akan berimbas pada perfoma balapnya.

“Melihat Valentino Rossi berkendara seperti sekarang membuat saya mual. Dia melakukannya untuk bersenang-senang,” ujar Pernat dikutip dari tuttosport, Kamis (26/11/2020).

Valentino RossiFoto: Autosport Valentino Rossi

Pernat melanjutkan, ada dua momentum yang menandai bahwa karier pebalap berusia 41 tahun itu sudah seharunya berakhir.

Pertama kegagalannya saat meraih podium pada MotoGP San marino di Sirkuit Misano, dimana Rossi kehilangan podium pada lap terakhir. Dirinya disalip Joan Mir hingga membuat Rossi harus puas finish di peringkat ke empat.

Baca juga: Valentino Rossi Kenang Kebersamaan dengan Maradona

Kedua kejadian mengerikan saat memebalap di DP Austria, dimana pebalap asal Italia itu hampir tersambar motor Franco Morbidelli yang melayang akibat kecelakaan dengan Zarco.

Pernat menyarankan pebalap yang sudah mendapat juara dunia 9 kali itu untuk pensiun, sebab dirinya diprediksi masih akan tampil buruk pada MotoGP 2021.

“Saya menyarankan Valentino Rossi untuk berhenti. Dia masih akan tampil buruk meski sudah pindah ke tim satelit dan disandingkan dengan Morbidelli,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com