Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IMI Bantah Bikin Aturan Komunitas Motor yang Mau Touring

Kompas.com - 19/11/2020, 11:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Belakangan ini, banyak beredar kabar di antara para pencinta sepeda motor mengenai aturan touring. Disebutkan bahwa Ikatan Motor Indonesia (IMI) sedang menyiapkan aturan khusus mengenai touring.

Ketua Umum PP IMI Sadikin Aksa mengatakan, yang dibuat adalah panduan berkendara berkelompok. Panduan tersebut ditujukan untuk masing-masing komunitas agar yang ingin berkendara secara berkelompok alias touring.

Baca juga: Motorbaik 2020, Selebritas Touring Motor Promosikan Pariwisata

"Selama ini, beberapa komunitas sudah memiliki panduan. Tapi, kan itu tidak ada standarisasi dari organisasi atau dari mana," ujar Sadikin, saat dihubungi Kompas.com, Rabu (18/11/2020).

Touring Komunitas Ducatidok.ducati indonesia Touring Komunitas Ducati

Sadikin menambahkan, pembuatan panduan ini mengambil masukan dari beberapa komunitas. Jadi, komunitas diajak duduk bersama dan yang memiliki panduan touring digabungkan.

Terkait aturan touring, Sadikin membantah bahwa IMI tidak mengeluarkan aturan tersebut dan menegaskan hanya membuat panduan.

Baca juga: Touring Komunitas Pajero buat Dukung Kebangkitan Pariwisata

"Kalau untuk membuat kejuaraan nasional atau kejuaraan daerah, itu memang wajib lapor ke IMI, itu ada aturannya. Tapi, kalau untuk touring, memang belum ada peraturan dari pemerintah. Apa wewenang IMI untuk menjadi pihak yang memberi izin?" kata Sadikin.

Sadikin mengatakan, pembuatan panduan berkendara berkelompok ini sudah masuk tahap akhir. Rencananya, panduan tersebut akan diluncurkan akhir November jika sempat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com